Lima Fakta Unik Seputar Indian Railways – Namanya Tak Melulu Buruk

Indian Railway (abplive.in)

Jika Indonesia punya beragam kisah unik mengenai jaringan perkeretaapian yang sudah ada sejak jaman penjajahan Belanda ratusan tahun silam, maka lain halnya dengan Indian Railways – yang pasti ada poin unik yang bisa digali, atau mungkin bahkan belum Anda ketahui sebelumnya. Ambil contoh, tahukah Anda bahwa jaringan perkeretaapian India merupakan perusahaan terbesar ke-9 di dunia berdasarkan jumlah pegawainya (1,4 juta pegawai per Juli 2018).

Baca Juga: Pendapatan Utama Indian Railways, Ternyata Bukan dari Jasa Angkut Penumpang

Bagi Anda yang masih penasaran dengan fakta-fakta unik apa saja yang terselubung di balik Indian Railways, berikut KabarPenumpang.com sarikan beberapa di antaranya, dikutip dari laman tourmyindia.com.

Jaringan Kereta Api Terbesar di Dunia
Jika Anda berpikiran bahwa Jepang merupakan negara yang memiliki jaringan perkeretaapian terbesar di dunia – atau bahkan Cina, maka Anda salah besar, karena predikat ini disandang oleh jaringan perkeretaapian India. Dengan lintasan sepanjang total 121.407km (per Maret 2017), Indian Railways ini menghubungkan sekira 7.500 stasiun yang tersebar di seluruh wilayah negara penghasil film Bollywood ini.

Kecepatan Kereta Cepat India
Jika kereta cepat yang tengah dibangun antara Jakarta – Bandung digadang-gadang akan beroperasi pada kecepatan 350km/jam, maka lain halnya dengan kereta cepat yang ada di India, dimana hanya beroperasi di kecepatan 160km/jam saja. Wah, hampir tidak jauh berbeda dengan KA Argo Parahyangan atau KA Argo Lawu yang beroperasi pada kecepatan maksimum 100km/jam, ya!

Jumlah Penumpang Hariannya Mencapai…
Sehubungan dengan jaringan kereta yang sangat besar, wajar saja jika Indian Railways menggunakan 11.000 armada kereta setiap harinya, dengan rataan 7.000 penumpang per hari!

Masuk Guiness Book of World Records
Tentu saja nama Indian Railways bukan masuk ke dalam Guiness Book of World Records karena buruknya jaringan perkeretaapian di sana, melainkan karena salah satu stasiunnya, Stasiun Delhi menjadi stasiun dengan sistem interlocking rute relay terbesar di dunia!

Baca Juga: Torehkan Sejarah, Indian Railways Bangun ‘Limited Height Subway’ dalam Waktu 4,5 Jam Saja!

Jembatan dan Terowongan Kereta Terpanjang di Dunia
Bukan Jembatan Cisomang dan Terowongan Ijo yang menyandang predikat sebagai jembatan dan terowongan kereta api terpanjang di dunia, melainkan Vembanad Rail Bridge yang terletak di Kerala yang merupakan jembatan kereta terpanjang di dunia dengan bentang mencapai 4,62 km ; sedangkan predikat terowongan kereta terpanjang di dunia diraih oleh Karbude Tunnel yang menjadi bagian dari Konkan Railway (panjangnya mencapai 6,5km!