India Bangun Hotel Bintang Lima Pertama di Atas Stasiun

0
Stasiun Gandhinagar di Gujarat, India akan punya hotel bintang 5 (india.com)

Sebuah hotel bintang lima berada tepat di atas sebuah stasiun kereta api? Untuk saat ini terdengar seperti cerita fiksi, namun faktanya Indian Railway Stations Redevelopment Corporation (IRSDC) tengah membangun hotel bintang lima pertama di India tepatnya di atas jalur kereta api di Gandhinagar Capital Railway Station.

Baca juga: Terkenal Angker, Stasiun Kaliwedi Meski Kecil Ternyata Peninggalan Belanda

Dilansir KabarPenumpang.com dari india.com (13/7/2021), Stasiun Gandhinagar saat ini sudah direnovasi dan dilengkapi dengan fasilitas modern untuk memberikan pengalaman kelas dunia kepada penumpang. Renovasi yang dilakukan membuat desain interior ditingkatkan dan dilengkapi dengan lukisan dinding yang menarik.

Selain itu ada karya seni di fasad dan di dalam stasiun yang menggambarkan warisan budaya di Gujarat yang kaya. Bukan hanya memberikan kesenangan visual, kehadiran hotel di atas stasiun tujuannya untuk meningkatkan pengalaman penumpang. Ini adalah yang pertama dari jenisnya dan proyek dimulai empat tahun lalu.

Saat itu Perdana Meneteri India Narendra Modi meletakkan batu pertama tahun 2017. Hotel ini memiliki lebih dari 318 kamar kategori bintang lima untuk pengalaman terbaik bagi penumpang yang lebih memilih untuk tinggal di sini. Terletak di dekat Pusat Konvensi dan Pameran Mahatma Mandir dan tersebar di lahan seluas 34 hektar.

Studi getaran dan akustik juga dilakukan guna memastikan penumpang di stasiun dan tamu di hotel bisa nyaman saat kereta melewati rel. Sebuah jembatan layang sepanjang 937 meter juga telah dibangun untuk mencapai hotel pada 22 meter dari permukaan tanah. Selanjutnya, tata letak kolom hotel berbeda dari tata letak kolom pada platform.

Program pembangunan kembali dimaksudkan untuk mengubah stasiun kereta api menjadi pusat perjalanan. Program pembangunan kembali stasiun kereta api diluncurkan oleh Pemerintah India untuk membangun kembali 400 stasiun kereta api di seluruh negeri dengan biaya Rs1 lakh crore melalui mode Kemitraan Pemerintah Swasta (PPP).

Proyek ini bertujuan untuk meningkatkan fasilitas penumpang dengan memanfaatkan perkembangan infrastruktur negara. Hotel ini dipastikan mampu menarik wisatawan mendongkrak pariwisata di kota tersebut. Untuk meningkatkan pengalaman para tamu, hotel juga akan memiliki pengaturan pencahayaan berbasis tema khusus yang akan berubah setiap malam.

Selain itu, proyek pembangunan kembali juga akan membantu meningkatkan pendapatan stasiun. Lebih lanjut, proyek ini bertujuan untuk memanfaatkan lahan dan infrastruktur yang tersedia di negara ini secara efisien. Ini juga memberikan ruang untuk lebih banyak proyek pembangunan seperti itu yang akan diambil di negara ini.

“Ini adalah model hotel yang unik, desain telah dibuat sedemikian rupa sehingga tidak ada getaran atau kebisingan dari kereta di rel di bawah yang akan dirasakan oleh penghuninya,” kata Ketua Dewan Kereta Api VK Yadav.

Baca juga: Gerbong Kereta Tua Dikonversi Jadi Hotel Mewah di Pinggir Pantai Inggris

Hotel ini direncanakan akan selesai pada Desember 2020, tetapi karena pandemi virus corona, pekerjaan renovasi tertunda. Sesuai situs web hotel Leela Gandhinagar, hotel mewah itu akan “segera dibuka” di ibu kota Gujarat.






















Leave a Reply