Ingat KA Kamandaka Ingat Lutung Kasarung?

0
KA Kamandaka (infotegal)

Kamandaka merupakan salah satu tokoh legenda asal Banyumas. Raden Kamandaka sendiri kemudian dikenal dengan Lutung Kasarung. Nama ini kemudian diangkat oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI) untuk menjadi salah satu nama kereta api yang melintas dari Purwokerto ke Semarang Tawang dan sebaliknya.

Baca juga: Beberapa Kali Ganti Nama, Kereta Serayu Kembali Beroperasi

KAI sendiri menggunakan nama Kamandaka untuk kereta api penumpang kelas eksekutif dan ekonomi. Nama Kamandaka awalnya diresmikan oleh Menteri Perhubungan Bambang Susantono dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pada 17 Februari 2014 lalu.

KabarPenumpang.com merangkum dari berbagai laman sumber, kehadiran KA Kamandaka ini sendiri dalam waktu sekejap telah terasa begitu dekat dengan masyarakat Banyumas dan kawasan pantai utara Jawa seperti Tegal, Pemalang, Batang hingga Semarang. Kereta ini melayani masyarakat Banyumas raya ke Semarang melalui jalur utara.

Namun sayang, pada akhir 2018 KA Kamandaka harus berhenti beroperasi dan namanya berubah menjadi Joglosemarkerto yang melayani relasi Purwokerto-Semarang-Solo-Yogyakarta. Karena penggantian nama ini, banyak masyarakat yang dibuat bingung dan pelanggan setia banyak yang kehilangan karena namanya yang identik dengan cerita masyarakat Banyumas.

Untungnya pada 1 Februari 2019, KA Kamandaka kembali melintas di relasi Semarang – Purwokerto. Beroperasinya kembali ini memanfaatkan jalur kereta api lintas Tegal – Prupuk yang mana jalur tersebut hanya digunakan untuk layanan kereta api ketel dari Maos menuju ke Tegal. Kehadiran kembali KA Kamandaka ini dilakukan untuk membedakan relasi Purwokerto – Semarang dengan rute perpanjangan hingga Solo – Yogyakarta dan beroperasi tiga kali.

KA Kamandaka sendiri dalam satu rangkaian menarik satu kereta pembangkit, tiga kereta kelas eksekutif, satu kereta makan dan enam kereta ekonomi plus. Susunan rangkaian kereta ini dapat berubah sewaktu-waktu dan beberapa kelas ekonomi plus memiliki ruang kosong untuk penyandang disabilitas sehingga jumlah kursi per kereta sebanyak 64 kursi.

Pada masa pandemi tepatnya 20 April 2020, PT KAI mau tak mau harus menghentikan sementara layanan kereta jarak jauhnya dan belum lama ini berangsur mulai kembali mengoperasikannya. Dari Daerah Operasional (Daop) 5 Purwokerto, KA Kamandaka akan mulai beroperasi pada Jumat (19/6/2020).

Untuk tiket KA Kamandaka sendiri akan bisa kembali dibeli melalui aplikasi KAI Access atau channel penjualan tiket KA lainnya mulai H-7 hingga satu jam sebelum keberangkatan. Sedangkan untuk membeli go show yakni tiga jam sebelum keberangkatan kereta dan penjualannya pun hanya 70 persen dari kapasitas kursi yang tersedia.

Baca juga: Setiap Nama Kereta Ternyata ada Filosofinya

KA Kamandaka akan berangkat dari Purwokerto menuju ke Semarang pukul 05.00 WIB sedangkan keberangkatan dari Semarang Tawang pukul 11.00 WIB. Tarifnya pun untuk kelas ekonomi plus berkisar antara Rp35 ribu sampai Rp80 ribu, sedangkan kelas eksekutif Rp60 ribu hingga Rp140 ribu.

Leave a Reply