Inggris Mulai Debut Perdana Kereta Berbahan Bakar Hidrogen

0
Kereta berbahan bakar hidrogen di Inggris (ukrrin.org.uk)

Setelah Jerman, Inggris akan memulai meluncurkan kereta hidrogen pertamanya saat otoritas transportasi bersiap untuk meluncurkan penggerak teknologi ramah lingkungan sebagai bagian dari pemulihan dari pandemi virus corona atau Covid-19. Pada awal uji coba ini Menteri Kabinet Grant Shapps mengunjungi di Warwickshire pada Rabu (30/9/2020) untuk melihat lokomotif berbahan bakar hidrogen yang akan ditempatkan pada jalurnya di jaringan utama.

Baca juga: Dukung Operasional Kereta Hidrogen, Jerman Bangun Stasiun Pengisian Khusus di 2021

Kereta berbahan hidrogen tidak akan mengeluarkan gas berbahaya seperti kereta diesel, karena menggunakan hidrogen dan oksigen untuk menghasilkan listrik, air dan panas. Departemen Transportasi (DfT) mengatakan, teknologi terobosan baru akan tersedia pada 2023 untuk meretrofit kereta dalam layanan saat ini ke hidrogen. Sehingga membantu dekarbonisasi jaringan rel dan memenuhi target dalam menghapus kendaraan berbahan bakar diesel dari jaringan penumpang di tahun 2040 mendatang.

“Saat kami melanjutkan perjalanan menuju pemulihan hijau, kami tahu bahwa untuk benar-benar memanfaatkan kekuatan transportasi untuk memperbaiki negara kami dan untuk menetapkan standar emas global kami harus benar-benar menanamkan perubahan. Itulah mengapa saya senang bahwa melalui rencana kami untuk membangun kembali dengan lebih baik, kami merangkul kekuatan hidrogen dan bentuk transportasi yang lebih berkelanjutan dan lebih ramah lingkungan yang dihasilkannya,” kata Shapps yang dikutip KabarPenumpang.com dari sciencefocus.com (30/9/2020).

Uji coba yang dkenal dengan Hydroflex ini telah mendukung hibah £750 ribu dari DfT dan mengikuti hampir dua tahun pekerjaan pengembangan serta lebih dari £1 juta investasi oleh Porterbrook pemilik utama kereta api Inggris dan Universitas Brimingham. Proterbrook mengatakan kereta komuter akan mulai diproduksi karena terus bekerja sama dengan Universitas Brimingham dalam pengembangan modul bertenaga hidrogen dan baterai yang dapat dipasang di bawah kereta sehingga memungkinkan banyak ruang untuk penumpang.

“Saya senang dapat mengumumkan niat kami untuk mulai memproduksi kereta Hydroflex, menciptakan kereta api dua mode bertenaga listrik dan hidrogen pertama di dunia, serta menciptakan peluang yang signifikan bagi Rantai pasokan Inggris,” kata Mary Grant kepala eksekutif Porterbrook.

Sekretaris Jenderal RMT Mick Cash menyerukan agar kereta hidrogen masa depan diproduksi di Inggris untuk membantu pemulihan ekonomi setelah virus corona. Dia mengatakan, memperluas basis manufaktur Inggris untuk kereta hidrogen dapat membantu mendukung dekarbonisasi sektor transportasi dan pemulihan ekonomi dari Covid-19

“Sangat penting bahwa semua manufaktur dilakukan di dalam negeri. Investasi pemerintah di sektor manufaktur rel Inggris akan menciptakan lapangan kerja terampil baru dan meningkatkan ekonomi sebagai bagian dari pemulihan ekonomi hijau kami dari Covid-19,” kata Cash.

Baca juga: Hyundai Rotem Mulai Masuki Sektor Kereta Api Hidrogen

Sementara itu, Asosiasi Staf Gaji Transportasi melobi Pemerintah untuk “memulihkan” rencana elektrifikasi yang disimpan untuk jalur kereta api negara jika ingin mencapai jaringan transportasi hijau. DfT berharap terobosan perkeretaapian ini akan memungkinkan lebih banyak moda transportasi untuk mengadopsi bahan bakar ramah lingkungan.

Leave a Reply