Ingin 100 Persen Bebas dari Bahan Bakar Fosil, Volvo Buka Lab Uji Sel Bahan Bakar

0
Lab uji coba bahan bakar khusus milik Volvo (h2-view.com)

Beberapa tahun terakhir ini, industri tansportasi mulai mengubah cara penggunaan bahan bakar mereka dari fosil ke energi lainnya seperti listrik dan hidrogen. Sehinga penggunaan bahan bakar fosil yang semakin hari semakin berkurang jumlahnya bisa tergantikan dengan bahan lainnya.

Baca juga: Kembangkan Motor Listrik Internal, Volvo Ingin Jadi Manufaktur Mobil Listrik Premium

Dilansir KabarPenumpang.com dari laman h2-view.com (20/5/2021), untuk mencapai tujuan menjadi seratus persen bebas energi fosil pada tahun 2040, Volvo Group telah membuka lab uji sel bahan bakar khusus pertamanya di Pusat Teknis Peralatan Konstruksi Volvo (Volvo CE) di Eskilstuna, Swedia. Perusahaan mengumumkan pembukaan tersebut pada Selasa (18 Mei), sebagai bagian dari investasi perintis yang akan menguji dan mengembangkan solusi teknologi sel bahan bakar hidrogen.

Di dalam lab uji, Volvo Group akan menguji teknologi hidrogen dalam berbagai aplikasi, dengan pabrikan secara khusus menyebutkan alat berat konstruksi berat sebagai fokus. Toni Hagelberg, Head of Sustainable Power di Volvo CE, mengatakan, teknologi sel bahan bakar adalah pendorong utama solusi berkelanjutan untuk alat berat konstruksi yang lebih berat, dan investasi ini memberi kami alat penting lain dalam pekerjaan kami untuk mencapai Target Berbasis Sains.

Dia mengatakan, lab tersebut juga akan melayani Volvo Group secara global, sebagai yang pertama menawarkan pengujian lanjutan semacam ini. Ini adalah langkah yang sangat menarik untuk mempercepat pengembangan solusi sel bahan bakar menuju visi bersatu Volvo untuk masyarakat netral karbon..

“Hidrogen dapat diproduksi dengan berbagai cara dan penting untuk memiliki pendekatan siklus hidup di seluruh rantai nilai. Penelitian dan pengembangan yang dilakukan di lab uji tidak hanya akan didedikasikan untuk menghasilkan solusi konstruksi bebas fosil, kami juga akan melihat bagaimana hidrogen itu sendiri diproduksi, dan mengupayakan apa yang disebut hidrogen ‘hijau’ yang dihasilkan dari energi terbarukan,” ujar Toni.

Baca juga: Australia Bangun Kapal Ferry Berbahan Bakar Hidrogen Untuk Kurangi Emisi

Lab baru ini menunjukkan dedikasi yang sama terhadap teknologi sel bahan bakar hidrogen, seperti peluncuran sel sentris baru-baru ini, sebuah usaha patungan oleh Volvo Group dan Daimler Truck untuk mengembangkan dan mengkomersialkan solusi sel bahan bakar dalam truk jarak jauh dan seterusnya.

Leave a Reply