Ini Dia! Delapan Terminal Kapal Pesiar Termewah di Dunia

Kapal pesiar, salah satu transportasi yang bisa dipilih untuk menemani perjalanan wisata ke luar negeri. Apalagi kalau Anda menuju Negara-negara di Asia, Eropa, Amerika hingga Australia. Ada 18 juta orang yang diperkirakan setiap tahun menjelajah lautan dengan kemewahan kapal pesiar.

Selain bicara tentang kemewahan kapal, pelabuhan tempat bersandarnya kapal pesiar juga punya sisi menarik tersendiri, maklum saja yang datang ke pelabuhan laut ini adalah para penumpang berkocek tebal. Pelabuhan kapal pesiar di setiap negaranya memiliki bentuk dan gaya yang unik-unik. Selain itu, keadaan pinggir laut dimana terminal kapal pesiar ini bersandar memiliki properti yang di desain sedemikian rupa.

Seperti di Vancouver, Kanada yang menyediakan fasilitas kapal pesiar selama musim cruise yang berlangsung selama beberapa bulan. Moden pelabuhan di Vancouver memicu semangat dalam mendesain sebuah pelabuhan dan terminal untuk kapal-kaal pesiar bersandar. Tak hanya menjadi tempat bersandar, di dermaga kapal pesiar ini pun menyajikan atraksi-atraksi yang berbeda setiap harinya bagi penduduk stempat.

Berikut ini ada beberapa pelabuhan dengan terminal terbaik dan inovatif tempat bersandarnya kapal pesiar.

Shanghai International Cruise, Tiongkok
Shanghai memiliki terminal di jalur sungai Yangtze dan menjadi pelabuhan terbesar di Tiongkok. Dermaga ini dirancang oleh arsitek Spark dan selesai tahun 2011 lalu. Di terminal ini memiliki taman seluas 1 mil dan tempat penjualan barang-barang. Sayangnya beberapa fasilitas tak bisa menangani kapal-kapal yang beratnya hingga 87000 ton.
downloadCanada Place Terminal, Vancouver
Canda Place ini selesai tahun 2001 dan menjadi bagian dari Vancouver Convention Center dan Pan Pasific Vancouber Hotel. Canada Place menjadi salah satu terminal kapal pesiar pertama yang setiap tahunnya mengadakan atraksi local. Fasilitas yang diberikan saat menjadi tuan rumah kapal pesiar hanya saat musim panas. Di terminal ini ada empat bagian besar untuk acara music dan atraksi seperti bioskop dan taman yang bear untuk festival bersama masyarakat.

Fort Lauderdale Terminal 18, Florida
Pelabuhan kapal pesiar terbesar di dunia ini memiliki 90 konter cek in yang terpisah dan mengelilingi dengan tema mozaik. Setiap cek in, bisa dilakukan delam waktu 15 menit. Bangunan yang di bangun sejak tahun 2007 dan selesai 2009 ini menghabiskan biaya sebesar $ 75 juta. Berbeda dengan terminal di pelabuhan lainnya, bila tidak ada kapal pesiar yang bersandar, terminal ini gelap gulita dan tak berpenghuni.

Kai Tak Cruise Terminal, Hong Kong
Dibuka sejak Juni 2013 lalu, Kai Tak Cruiese Termialini berada di Victoria Harbor dan dibangun di atas ladasan pacu Bandara Kai Tak. Terminal ini dapat menampung kapal pesiar dengan bobot 220ribu ton. Bangunan dengan teknologi ultra tinggi ini memiliki area taman yang besar.
1242526_AJ25_2_Cruise_Terminal_Masterplan_printMarina Bay Cruise Centre, Singapura
Terminal yang selesai pada Mei 2012 ini menghabiskan biaya pembangunan $ 500 juta. Terminal ini mampu menampung kapal-kapal besar. Bangunan ini memiliki ciri khas bentuk geometris yang kuat dan menawarkan titik pandang yang berbeda setiap dilihat.

Laut Façade, St. Petersburg, Rusia
Pelabuhan yang berada di bgian barat Rusia ini adalah salah satu tujuan pelayaran paling popular di Eropa. Ini juga di tunjang dengan bangunan yang memiliki arsitektur kalsik di dunia.

Osanbashi Yokohama International Passenger Terminal, Jepang
Pelabuhan utama kapal pesiar ini jauhnya sekitar 40 mil. Di terminal ini yang paling terkenal adalah parkiran yang tersembunyi di bawah tanah dengan bagian atap berisi plaza.

Tampa Terminal, Florida
Pelayaran di terminal ini tidak hanya modern tetapi dekat dengan salah satu bandara teratas di negaranya. Di terminal ini seperti Vancouver yang dibangun dengan perencanaan property yang berharga dengan menggabungkan taman, bioskop, akuarium Florida, tempat belanja dan restauran. Tampa sekarang homeports kapal pesiar dari empat jalur pelayaran: Carnival Cruise Lines, Holland America, Royal Caribbean Cruise Line dan Norwegia.