Ini Dia! Hal Yang Kurang Menyenangkan Saat Bertandang Ke Cina

Sebagai destinasi wisata, Cina jelas ada di urutan wahid, sedangkan untuk tujuan bisnis, menyadang status sebagai basis mayoritas manufaktur global menjadikan sosok Cina tak pernah bisa dilupakan dalam setiap kesempatan. Meski mampu menarik banyak tamu asing, predikat Cina sebagai negara sosialis komunis menjadikan berkunjung ke Cina perlu persiapan khusus, terutama saat kunjungan ke wilayah Cina daratan, yang artinya di luar zona otonomi Hong Kong dan Makau.

Selain diperlukan visa untuk masuk ke wilayah Cina daratan, sebagai seorang pelancong atau ekspatriat Anda harus bisa menyesuaikan diri dengan tempat tujuan, tak lain guna membuat diri Anda nyaman dengan kondisi lingkungan. Maka jika bertandang ke Negeri Tirai Bambu kemungkinan Anda akan merasakan beberapa hal tidak menyenangkan. Berikut ini KabarPenumpang.com merangkum dari blogs.transparent.com hal-hal yang tidak menyenangkan di Cina.

Baca juga: Tembus Pegunungan Qinling, Cina Luncurkan Kereta Cepat Lintasi Wilayah Utara dan Selatan

1. Seperti tontonan
Saat menginjakkan kaki di negeri yang terkenal dengan pandanya ini, Anda akan terkejut. Sebab orang-orang akan terus mengambil foto Anda tanpa bertanya apakah suka atau tidak. Padahal sebenarnya, jika orang Cina menjadi pelancong di negara lain tidak suka jika ada yang berbuat demikian.

2. Akan selalu menjadi Lo Wai atau orang Asing
Anda bisa mengusai semua hal tentang Cina baik bahasa, budaya, memasak makanan mereka dan lama tinggal di sana. Tetapi jika tidak terlihat seperti mereka, Anda akan sama saja menjadi Lo Wai atau orang asing.

3. Internet
Bukan rahasia lagi negara Cina memiliki akses internet yang ketat. Ini bisa disebut dengan The Great Firewall of China. Banyak situs yang di blokir oleh Cina seperti WeChat yang menggantikan Twitter, Ren Ren menggantikan Facebook hingga Baidu yang menggantikan Google. Mungkin bagi masyarakat Cina hal tersebut biasa tapi tidak untuk pelancong.

4. Toilet umum
Hal terburuk dari Negeri Tirai Bambu ini adalah toilet umumnya, tanpa pintu, bau hingga kotor. Baiknya saat Anda berada di Cina bawa tisu basah dan cairan pembersih tangan.

5. Banyak Orang Meludah
Terutama warga di wilayah Cina bagian selatan, kebiasaan meludah di jalanan masih kerap ditemui. Tentu ini merupakan pemandangan yang kurang menyenangkan, selain terasa tidak sopan secara etika.

6. Kurangnya kebersihan
Tak hanya toiletnya, banyak orang Cina yang meludah sembarangan, membuang sampah di dekat pohon. Selain itu, untuk menaiki kereta bawah tanah pun seperti tak ada aturan, dimana masyarakat mendorong satu sama lain untuk masuk ke kereta.

7. Polusi Tinggi dan Kabut Asap
Khususnya di wilayah kota Beijing, tingkat polusi akibat dampak industri terbilang parah. Seperti di Beijing keberadaan pembangkit listrik berbahan bakar batu bara menjadi penyebab polusi yang luar biasa parah. Akibat level polusi yang parah, otoritas setempat kadang mewajibkan penggunaan masker. Selain Beijing, masih ada 22 kota lain di Cina yang punya tingkat polusi cukup besar.

8. Hari libur
Pemerintah Cina sering kali membuat masyarakatnya berpikir akan libur panjang. Ini membuat banyak pekerja beberapa hari sebelum dan setelah liburan untuk memperpanjang liburan mereka. Karena masalah tersebut banyak pekerja yang stres dan memilih bepergian pada waktu yang sama. Sehingga membuat semua jalur padat, sebab orang-orang membayar lebih tiket dan hotel selama berlibur. Jika Anda ingin menetap di Cina baiknya berpikir ulang dengan jadwal liburan yang tidak masuk akal ini.

Baca juga: Robot Akan Mengambil Peran di SPBU Cina Mulai Tahun Depan!

9. Chinese tour group
Tur di Cina terorganisir, dimana berkeliling ke Shanghai dengan tujuan Suzhou dan Hangzhou. Sebagian besar waktu di habiskan di bus walaupun sering berhenti baik itu di pabrik sutra, tempat berbelanja hingga restoran mahal. Baiknya bila berkunjung ke Cina tidak memilih tur grup jika tidak ingin kecewa.