Friday, August 12, 2022
HomeHot NewsIni Dia Wajah KA Feeder Bakal Calon KCJB (Kereta Cepat Jakarta Bandung)

Ini Dia Wajah KA Feeder Bakal Calon KCJB (Kereta Cepat Jakarta Bandung)

Ternyata isu yang menyebar mengenai Kereta Feeder (pengumpan) untuk KCJB (Kereta Cepat Jakarta Bandung) benar adanya. Kereta bertenaga diesel (KRD) ini melakukan uji coba pada Selasa, 4 Januari 2022 di Yogyakarta. Uji coba di lakukan di area Balai Yasa Yogyakarta untuk lakukan gerakan maju mundur. Uji coba ini dilakukan untuk mengukur kecepatan KRD tersebut supaya nanti saat dilakukan perjalanan reguler bisa mencapai kecepatan yang disesuaikan dengan jalur raya. KRD ini melakukan uji coba pada siang menjelang sore hari.

Baca juga: Inilah Rel R60, Jenis Rel Khusus untuk Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Uji Coba Mendadak
Bertanya–tanya soal kapan uji coba KRD tersebut dilakukan, belum ada jawaban sama sekali. Namun, pagi tadi beberapa informasi yang tersebar di media sosial bahwa uji coba persis dilakukan pada Selasa siang. Itu pun masih simpang siur benar atau tidaknya uji coba tersebut. Namun, Railfans yang berdomisili di Kota Gudeg ini tak mau kehilangan momen uji coba KRD tersebut. Meskipun informasi masih simpang siur, namub Railfans sudah berkumpul di lokasi jalur uji coba tersebut.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by KabarPenumpang.com (@kabar.penumpang)

Benar saja, setelah menunggu informasi tersebut ternyata valid alias benar adanya. Mantan KRD Prameks batik ini ternyata uji coba di wilayah Balai Yasa Yogyakarta. Sontak Railfans pun turut mengabadikan momen pertama kali mereka lihat. Posisi demi posisi sudah mereka lakukan untuk pengambilan gambar dan angle yang lebih bagus. Namun, informasi dari pihak Balai Yasa, uji coba ini masih belum 100 persen rampung. Hanya sebatas uji coba saja dan hasil foto/video masih belum bisa di publikasikan. Dari pantauan Kabarpenumpang.com belum ada satupun yang mengunggah hasil momen uji coba KRD tersebut ke sosial media Instagram, Twitter, Facebook bahkan Youtube.

Baca juga: Stasiun Padalarang Baru Menjadi Hub Kereta Cepat Jakarta-Bandung Dibangun Dua Tahap

Bakalan KA Feeder Kereta Cepat
KRD yang sementara dipanggil KA Feeder KCJB (Kereta Cepat Jakarta Bandung) ini memiliki warna dasar putih dan bergaris. Persis warna lambang Bendera Republik Indonesia yaitu Merah Putih. KRD ini uji coba pada siang menjelang sore hari dengan rangkaian 5 SF (Stamformasi). Belum diketahui selanjutnya apakah KRD ini akan uji coba diluar area Balai Yasa. Namun menurut informasi, untuk tahap awal KRD ini diujicobakan sedikitnya 2 Trainset.

Informasi lanjut soal KRD ini nantinya bakalan dikirim dari Yogyakarta ke Bandung untuk memenuhi layanan operasional kereta api jarak dekat dari Stasiun Bandung ke Rancaekek pp. dan transit menggunakan Kereta Cepat Jakarta Bandung yang nanti akan selesai dibangun dan dioperasikan. (PRAS – Cinta Kereta Api)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru