Inilah 20 Syarat ‘Tak Resmi’ untuk Jadi Pramugari, Nomor Dua Agak Aneh

1
Ilustrasi syarat menjadi pramugari. Foto: The Things

Sekilas, kehidupan pramugari tampak sangat glamor dan menyenangkan ketika berkeliling dunia, mengunjungi tempat-tempat eksotis, dan menikmati pengalaman baru. Namun, dibalik semua itu, ada harga mahal yang harus ‘dibayar’ oleh para bidadari angkasa tersebut.

Baca juga: Brigita Jagelaviciute, Mantan Pramugari Emirates yang Mengaku Jenuh Pada Rutinitas

Selain kerja keras, pramugari sering kali terpaksa meninggalkan banyak agenda pribadi, seperti datang ke resepsi pernikahan sahabat, keluarga, bahkan menghadiri prosesi pemakaman orang tua, karena tidak mendapat cuti ataupun sedang bertugas di luar negeri.

Terlepas dari semua itu, nyatanya, memang selalu ada banyak kompetensi untuk posisi pramugari, dan banyak aturan ketat tentang siapa saja yang bisa melamar. Lebih dari itu, setelah berhasil melewati proses wawancara yang sulit, maskapai sering kali menambah aturan yang tak disepakati sebelumnya dan celakanya pramugari harus mematuhinya tanpa terkecuali.

Dikutip KabarPenumpang.com dari laman thethings.com¸ Senin, (17/2), berikut daftar 20 syarat menjadi pramugari. Syarat-syarat di bawah ini mungkin saja terdapat beberapa perbedaan, tergantung pada perusahaan atau maskapai yang bersangkutan.

20. Harus Belum Menikah
Sebagian besar maskapai penerbangan sekarang telah membatalkan aturan kuno mereka bahwa pramugari wanita harus tidak menikah. Bahkan, saat ini, awak kabin yang sudah menikah juga diizinkan untuk memakai cincin kawin mereka saat bekerja.

Namun, Gulf Air, maskapai yang berbasis di Timur Tengah, masih bersikeras bahwa awak kabin perempuan mereka tidak boleh menikah. Parahnya lagi, pramugari harus meminta izin perusahaan terlebih dahulu sebelum mereka menikah!

ilustrasi (express.co.uk)

19. Tidak Boleh Terlalu Pendek
Ketika bertugas, pramugari harus siap melayani apapun dan bagaimanapun kondisinya. Tak terkecuali terkait dengan ketinggian. Oleh karenanya, untuk menjadi seorang pramugari tidak boleh terlalu pendek karena bisa saja pramugari justru dibantu untuk menurunkan sesuatu dari tempat yang tinggi oleh penumpang.

18. Tidak Boleh Terlalu Tinggi
Sebaliknya, pramugari tidak boleh juga terlalu tinggi mengingat tidak semua pesawat memiliki ruang atau kabin yang cukup tinggi. Pada pesawat-pesawat narrow body, bisa saja, pramugari yang terlalu tinggi justru menyulitkan dirinya sendiri saat bekerja.

Terkait tinggi, aturannya masih sangat bervariasi antara satu dengan yang lainnya. Namun, pada umumnya di kisaran 1,85 meter.

17. Tidak Boleh Terlalu Gemuk
Selain membatasi tinggi dan pendek, pramugari juga dibatasi oleh berat badan. Pramugari pada umumnya tidak boleh terlalu gemuk, bukan karena masalah enak tidaknya dipandang mata, melainkan masalah keamanan.

Akan tetapi, jika di kemudian hari pramugari yang sudah bergabung dengan sebuah maskapai lambat laun bertambah berat, bukan berarti mereka akan langsung dipecat, melainkan akan menjalani program ekstra untuk menurunkan berat badan.

The Points Guy

16. Wajib Make-up
Dahulu, pramugari wajib make-up sampai orang-orang sulit membedakan boneka dengan manusia. Seiring berjalannya waktu, standar make-up mulai turun alias tidak selalu harus sperti boneka. Namun, pada umumnya maskapai tetap mengharuskan pramugari terlihat anggun namun juga tangguh. Namun, hal tersebut tak berarti bagi Virgin Airlines. Belum lama ini, mereka menjadi maskapai pertama yang membatalkan aturan wajib make-up bagi pramugari.

15. Make-up Tak Boleh Terlalu Tebal
Sekalipun diwajibkan make-up, namun, aturan lengkap make-up yang dianjurkan juga telah diatur. Pada umumnya, maskapai melarang pramugari untuk merias wajahnya dengan gaya yang cukup berani, seperti eyeliner tebal atau lipstik yang berbenturan dengan seragam mereka. Dalam kondisi tertentu, bahkan pramugari harus make-up seolah-olah mereka tak seperti make-up.

14. Hanya Boleh Pakai Satu Jenis Anting
Seperti halnya tato, maskapai penerbangan juga memiliki aturan ketat tentang anting yang boleh dikenakan pramugari. Saat bekerja, pramugari hanya diperbolehkan mengenakan satu pasang anting. Selain agar terlihat profesional, alasan kemanan juga menjadi faktor kunci terkait peraturan tersebut.

Sumber: istimewa

13. Harus Setidaknya 18 Tahun
Menjadi pramugari mungkin adalah pekerjaan impian bagi banyak wanita muda, yang menginginkan kesempatan untuk melakukan perjalanan keliling dunia dan dibayar. Namun, maskapai hanya akan merekrut pramugari yang berusia setidaknya 18 tahun. Beberapa maskapai bahkan lebih memilih menunggu sampai seseorang berusia genap 21 tahun.

12. Wajib Rapikan Jenggot
Selain pramugari, pramugara juga tak lepas dari aturan ketat. Pada umumnya, lelaki dewasa tak bisa menghindari tumbuhnya brewok ataupun janggut. Oleh karenanya, untuk menjadi seorang pramugara, seseorang harus merapikan bulu-bulu di wajah agar tak terlalu mengganggu saat bertugas.

11. Harus Bisa Berenang
Awak kabin juga harus bisa berenang, dan ini akan diuji pada masa pelatihan jika pesawat mendarat di atas air. Tentu saja, sebagai pelayan para tamu, pramugari harus bisa menyelamatkan dirinya dan juga para penumpang saat insiden mengharuskan mereka berkutat dengan air.

10. Tidak Boleh Terlihat Adanya Tato
Seiring perkembangan zaman, tato tidak selalu diidentikan dengan manusia-manusia kriminal. Bahkan, kaum urban sudah mulai terbiasa dengan tato karena lebih dianggap sebagai seni dibanding stigma orang-orang kriminal.

Namun, maskapai penerbangan tidak mengikuti perkembangan zaman, dan masih bersikeras bahwa awak kabin mereka tidak boleh bertato di bagian-bagian yang terlihat, seperti pada wajah, leher, atau lengan dan kaki bagian bawah.

9. Tidak Boleh Menerima Tip
Pramugari memang identik dengan pelayanan yang ramah, hangat, dan juga penuh dengan kasih sayang. Dalam kondisi tersebut, tak jarang, banyak penumpang yang bersimpati akibat layanan mereka yang sangat memuaskan. Namun demikian, sebagus dan sehangat apapun layanan yang diberikan, pramugari hanya cukup dibalas dengan ungkapan terima kasih, tanpa ada embel-embel tip dalam bentuk apapun.

Seragam pramugari (pegipegi.com)

8. Gaya Rambut Harus Rapi
Rambut panjang mungkin adalah salah satu idaman seluruh wanita. Namun, maskapai tidak membutuhkan itu. Pada umumnya, mereka menginginkan gaya rambut yang rapi, dengan ikatan atau kunciran yang pas dan tak terlalu neko-neko.

7. Tidak Dapat Menggunakan Semua Perlengkapan dan Peralatan P3K
Sudah barang tentu bahwa di sebuah pesawat pasti tersedia lengkap seluruh perlengkapan dan peralatan P3K. Meski demikian, pramugari tidak selalu diizinkan untuk menggunakan peralatan atau perlengkapan tersebut dan harus menunggu dokter atau tenaga medis terlatih untuk menggunakan beberapa item P3K.

6. Tidak Boleh Merokok
Merokok telah dilarang di pesawat selama bertahun-tahun, tetapi beberapa maskapai penerbangan bahkan melarang pramugari mereka merokok ketika mereka berada di daratan. Beberapa maskapai lainnya hanya melarang pramugari merokok saat mengenakan seragam. Adapun Qatar Airlines melarang pramugari merokok, baik di dalam maupun di luar area pekerjaan, baik ketika bertugas maupun tidak. Bahkan, kedapatan memiliki rokok di rumah saja akan menjadi bahaya.

5. Harus Kuat Berdiri
Salah satu alasan mengapa maskapai memiliki batasan berat badan untuk pramugari disebabkan pramugari juga harus sehat secara fisik untuk berdiri selama berjam-jam. Selain itu, mereka juga harus memiliki kemampuan untuk bertahan hidup dalam keadaan apapun.

Sumber: pramugari.id

4. Harus Kuat Angkat Koper Berat
Beberapa penumpang berpikir bahwa pramugari bertugas untuk membantu koper atau barang bawaan mereka yang berat dan meletakkannya di kompartemen bagasi. Padahal tidak. Meski demikian, saat hal tersebut dihadapi pramugari, mereka harus membantu dengan penuh keramahan dan hangat terkait hal tersebut.

3. Tidak Boleh Jerawatan
Sekalipun jerawat atau luka pada wajah dapat ditutupi dengan make-up, namun, maskapai pada umumnya menginginkan pramugari yang memilliki wajah mulus. Jika tidak, silahkan kubur impian dalam-dalam untuk menjadi seorang pramugari.

Baca juga: Langka! Ibu dan Anak Bekerja Sebagai Pramugari di Penerbangan yang Sama

2. Dilarang Mengecat Rambut dengan Warna Tak Alami
Pada umumnya, pramugari masih diizinkan untuk mewarnai rambut. Namun, hanya untuk warna-warna yang alami. Selain itu, seperti merah muda, ungu, atau hijau adalah warna-warna yang dilarang keras oleh maskapai.

1. Tidak Boleh Minum Alkohol Saat Mengenakan Seragam
Maskapai memiliki aturan ketat tentang konsumsi alkohol untuk awak kabin dan penumpang. Wisatawan yang terlalu banyak minum berpotensi membuat kegaduhan dan akan dilarang untuk terbang dalam kondisi tersebut. Demikian pula dengan pramugari, mereka tidak diizinkan mengkonsumsi alkohol selama bekerja atau selama mengenakan seragam.

1 COMMENT

Leave a Reply