Inilah 6 Negara dengan Jumlah Bandara Terbanyak di Dunia, Nomor 6 dari Asia! Indonesia, kah?

0
Bandara Internasional Ted Stevens Anchorage (ANC), Negara Bagian Alaska, Amerika Serikat (AS) jadi bandara tersibuk di dunia pada 25 April lalu. Foto: Airways Magazine

Qatar, Yunani, Jepang, Jerman, dan Singapura boleh saja berbangga hati atas keberhasilan yang diperoleh bandara di negaranya. Sebelumnya, dari daftar bandara dengan tingkat pengalaman penumpang tertinggi di dunia versi AirHelp, bandara-bandara di kelima negara itu menempati posisi teratas, mulai dari Hamad International Airport (Doha), disusul Athena International Airport, Tokyo Haneda International Airport (Jepang), Cologne Bonn Airport (Jerman), dan Changi International Airport (Singapura) di posisi kelima.

Baca juga: AirHelp Rilis Peringkat Bandara di Dunia, Tiga Bandara Inggris Berada di Posisi Bontot!

Akan tetapi, dari segi kuantitas bandara, kelima negara tersebut belum ada apa-apanya dan tak berada di posisi teratas. Lantas, negara mana saja yang memiliki banyak bandara, bahkan menjadi yang terbanyak di dunia? Dikutip dari Simple Flying, berikut daftar enam negara dengan jumlah bandara terbanyak di dunia.

Amerika Serikat (AS)
Meskipun berada di posisi keempat sebagai negara terluas di dunia, bukan berarti jumlah bandara di AS tak bisa melampaui Rusia, Kanada, dan Cina sebagai negara terluas pertama, kedua, dan ketiga di dunia. Justru sebaliknya, Negeri Paman Sam dinobatkan sebagai negara dengan jumlah bandara terbanyak di dunia dengan total mencapai 19.633 di seantero AS.

Menurut FAA, bila diklasifikasikan, sebanyak 5.082 adalah bandara publik, dan 14.551 sebagai bandara pribadi atau private. Jadi, parameter yang digunakan ialah penggunaan bandara, bukan kepemilikan oleh negara. Dari 5.082 bandara publik, 396 di antaranya bandara utama yang melayani penerbangan berjadwal.

Brasil
Negeri Samba Brasil hanya menempati posisi keenam dalam daftar negara terluas di dunia. Namun, negara yang terkenal sebagai gudangnya pemain sepak bola itu berhasil berada di posisi kedua sebagai negara dengan jumlah bandara terbanyak di dunia. Brasil tercatat memiliki 2.717 bandara, dimana 534 bandara umum dan 2.183 bandara pribadi.

Terdapat 134 bandara dengan penerbangan terjadwal. Yang terbesar adalah Bandara Internasional São Paulo-Guarulhos (GRU), yang dalam keadaan normal melayani 30 juta penumpang setiap tahun melayani penerbangan ke 103 destinasi dan 29 negara.

Meksiko
Meksiko berada di posisi ketiga dalam daftar negara yang memiliki bandara terbanyak di dunia dengan total 1.740 bandara. Di negara ini, hanya ada 58 bandara terjadwal, dimana Bandara Internasional Mexico City menjadi yang tersibuk.

Kanada
Kanada berada di posisi keempat dalam daftar ini dengan memiliki 1.620 bandara. Dari jumlah tersebut, 250 di antaranya memiliki layanan terjadwal dan Bandara Toronto Pearson menjadi yang tersibuk di negara ini.

Baca juga: 20 Bandara Ini Dipercaya Punya Akses WiFi Terbaik di Dunia

Rusia
Negara terbesar dan terluas di dunia, Rusia, hanya memiliki total 1.218 bandara dan menempatkannya berada di posisi kelima dalam daftar negara yang memiliki jumlah bandara terbanyak di dunia. Ada 227 bandara terjadwal di Negeri Beruang Merah ini. Bandara paling baratnya adalah Bandara Khrabrovo (KGD) di Kaliningrad, dan paling timur adalah Bandara Lavrentiya, sebuah lapangan terbang kecil di Chuktokta, yang juga dinobatkan sebagai bandara paling timur di benua bumi.

Cina
Cina sebetulnya tak masuk ke dalam jajaran enam besar daftar negara yang memiliki bandara terbanyak di dunia. Namun, Cina menjadi pasar penerbangan terbesar di dunia. Saat ini, Pemerintah Komunis Cina tengah membangun ratusan bandara baru sampai tahun 2035 mendatang.

Leave a Reply