Inilah Airbus A340-8000, Pesawat Paling Unik Sedunia Khusus Buat Sultan! Sekarang Jadi Pesawat Operasional Pangeran

0
Airbus A340-8000 akhirnya menemukan majikannya, pemerintah Arab Saudi, setelah sempat "dibuang" oleh Sultan Brunei. Foto: John Taggart via Wikimedia Commons

Selain mempunyai pesawat komersial terbesar di dunia, A380, Airbus juga mempunyai pesawat ikonik lainnya dan bergelar pesawat paling unik di dunia, Airbus A340-8000. Bagaimana tidak unik, pesawat ini merupakan satu-satunya di dunia yang dibuat khusus untuk saudara laki-laki Sultan Brunei.

Baca juga: Airbus A380-800, Istana Terbang yang Siap Manjakan Orang Tajir Melintir Dunia

Dilansir Simple Flying, laporan Flight Global menyebut pesawat paling unik di dunia ini merupakan versi pengembangan dari Airbus A340-200, yang pertama kali diluncurkan pada 1993. Pengembangan tersebut mencakup beberapa hal.

Dari segi jangkauan terbang, pesawat long range atau jarak jauh ini mampu menjangkau hingga 14.800 km, 2 ribu km lebih jauh (12.400 km), memungkinkannya mengangkut Sultan Brunei dan rombongan terbang dari negaranya ke Amerika Serikat atau Eropa non-stop.

Airbus A340-8000 juga dibekali kemampuan berat lepas landas maksimum (MTOW) seberat 275 ton, sedikit lebih tinggi dari versi komersial yang dijual ke maskapai, Airbus A340-300. Adapun dari segi kapasitas penumpang, pesawat paling unik di dunia ini bisa dibilang setara dengan saudara kandungnya berkisar 239 kursi.

Airbus secara resmi “mengirimkan” pesawat tersebut, dengan nomor seri pabrik (MSN) 204, pada November 1998. Namun, pesawat tak langsung menuju Brunei untuk melayani sang empunya, melainkan harus mendapat sentuhan interior terlebih dahulu oleh Lufthansa Technik di Lapangan Udara Schönefeld Berlin.

Sampai di sini, keberadaan A340-8000 sempat simpang siur dan mendapat isu miring. Pada tahun 2007 lalu, pesawat dilaporkan berada di Hamburg di bawah pengawasan Lufthansa Technik dengan nomor registrasi D-ASFB, berubah dari sebelumnya V8-AC3. Dari laporan tersebut, bisa dibilang, pesawat tak pernah sekalipun beroperasi untuk melayani Sultan Brunei dan keluarganya. Entah apa yang terjadi di balik itu.

Setelah itu, masih di tahun yang sama, pesawat tersebut berpindah tangan ke pemerintah Arab Saudi selama tiga tahun lamanya, sebagai HZ-HMS. Pada Desember 2010, pesawat kemudian didapuk menjadi pesawat khusus keluarga kerajaan, dengan nomor registrasi HZ-HMS2.

Baca juga: Gunakan Sayap Lipat nan Unik, Akankah Boeing 777X Jadi Pesawat Paling Efisien?

Sampai saat ini, pesawat tersebut masih berada di pangkuan keluarga kerajaan Arab Saudi. Agaknya, pesawat itu cocok untuk mereka. Sebab, sejak awal, pesawat itu didesain untuk Sultan Brunei dengan segala kemewahannya. Berhubung kedua negara memiliki sistem pemerintahan yang mirip -monarki- tak salah bila kerajaan menggunakan pesawat itu untuk mengangkut sang pangeran.

Pesawat mewah dan unik, jika dirunut ke belakang, sepertinya memang cukup melekat dengan pangeran Arab Saudi. Pesawat supermewah, Airbus ACJ380-800, pada tahun 2007 silam sempat menjadi pembicaraan warganet setelah dipesan untuk dijadikan istana terbang oleh Pangeran Alwaleed dari Arab Saudi, sekalipun pada akhirnya pesanan tersebut batal.

LEAVE A REPLY