Thursday, February 22, 2024
HomeBandaraInilah Bandara Boryspil, Bandara Terbesar di Ukraina Peninggalan Uni Soviet

Inilah Bandara Boryspil, Bandara Terbesar di Ukraina Peninggalan Uni Soviet

Rusia diklaim NATO telah menginvasi Ukraina. Perang antara Rusia dan Ukraina pun sudah diambang pintu mengingat tentara Ukraina juga sudah mulai berjaga-jaga di perbatasan. Puluhan ribu warga, khususnya di Donetsk dan Luhansk, pun diungsikan.

Baca juga: “Terowongan Cinta” di Ukraina, Salah Satu Jalurnya Menuju Pangakalan Militer Rahasia

Perang Rusia dan Ukraina yang sudah diujung tanduk juga membuat negara-negara di dunia mengimbau warganya agar keluar dari Ukraina; termasuk Indonesia. Meski begitu, 138 WNI yang berada di Ukraina tetap bertahan karena kondisi relatif stabil. Namun, andai eskalasi meningkat, sudah pasti semuanya, termasuk staf KBRI akan dievakuasi dan besar kemungkinan itu dilakukan melalui Bandara Boryspil.

Dilansir laman resminya, Bandara Internasional Boryspil merupakan bandara terbesar di Ukraina dari segi penumpang. Pada tahun 2018 lalu, bandara itu melayani 62 persen lalu lintas penumpang pesawat di Ukraina atau sekitar 12,6 juta penumpang.

Bandara Boryspil adalah satu-satunya bandara di Ukraina yang mampu bersaing dengan bandara hub utama Eropa, seperti London Heathrow, Paris De Gaulle, dan lainnya. Tak hanya itu, Bandara Boryspil juga menjadi satu-satunya bandara di Ukraina dengan penerbangan lintas benua reguler.

Menurut Dewan Bandara Internasional (ACI EROPA), Boryspil pada 2018 menduduki peringkat teratas pertumbuhan di antara bandara-bandara besar Eropa (urutan pertama dalam kelompok bandara Eropa yang melayani 10 hingga 25 juta penumpang).

Setidaknya, ada 60 maskapai nasional dan internasional yang mengoperasikan 120 rute ke seluruh dunia dari Bandara Boryspil. Berbagai kesibukan itu didukung oleh dua runway dengan panjang 4.000 meter dan 3.500 meter, memungkinkannya didarati oleh pesawat jenis apapun tanpa batasan cuaca dan kondisi cahaya, siang maupun malam, serta dua terminal.

Tingginya penerbangan penumpang di bandara ini tak lepas dari beberapa hal, seperti lokasi yang menguntungkan di persimpangan sejumlah rute transportasi antarnegara (menghubungkan Asia dengan Eropa dan Amerika), kedekatan dengan ibu kota, ketersediaan infrastruktur modern dan penerapan strategi pengembangan bandara hub.

Sejak dikembangkan oleh Institut Kyivproekt hingga pertama kali beroperasi pada 7 Juli 1959 di era Uni Soviet, Bandara Internasional Boryspil telah mengalami beberapa renovasi.

Baca juga: Antonov, Warisan Uni Soviet Milik Ukraina, Bukan Rusia!

Dalam menyongsong peningkatan perjalanan di masa mendatang, pada tahun 2019, kabinet Menteri Ukraina menyetujui Konsep Pengembangan Bandara Internasional Boryspil untuk periode hingga 2045, yang prioritas utamanya adalah pengembangan infrastruktur dan pengenalan layanan modern.

Di tahun 2019 pula, bandara yang berdiri di atas lahan seluas 20.300 m2 itu menempati posisi ketiga dalam peringkat “Bandara Terbaik di Eropa Timur 2019” dari perusahaan konsultan Inggris Skytrax, selama beberapa tahun berturut-turut.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru