Inilah Dampak Jika Anda Pindah Bangku dari Economy Class ke Business Class Secara Ilegal!

0
Singapore Airlines (Australian Business Traveller)

Bagi Anda yang sudah sering ‘mondar-mandir’ menggunakan pesawat, tentu sudah paham tentang pembagian kelas dalam penerbangan. Nah, pernah terpikirkah oleh Anda kira-kira apa yang bakal terjadi ketika meng-upgrade kelas di sebuah penerbangan tanpa menghubungi pihak maskapai terlebih dahulu? Bukankah selama penerbangan kita bebas pindah tempat duduk, kecuali ketika take off dan landing?

Baca Juga: Kreatif! Beginilah Cara Emirates Rangkul Penumpang yang Hendak ‘Seat Upgrade’

Sebelum mendapatkan jawabannya, kelas bisnis dalam sebuah penerbangan menawarkan fasilitas lebih ketimbang kelas ekonomi. Seiring dengan fasilitas yang lebih banyak, maka harga tiket di kelas bisnis pun akan lebih tinggi dari kelas ekonomi. Dengan tujuan menghemat, inilah yang pada akhirnya membimbing para penumpang untuk lebih memilih kelas ekonomi dibanding bisnis, toh waktu sampainya juga berbarengan.

Ya, kembali ke persoalan di atas, seorang awak kabin membocorkan kira-kira apa yang bakal terjadi ketika seorang penumpang ekonomi menghabiskan waktu perjalanan di bisnis. “Mungkin bagi sebagian penumpang, itu (pindah ke kelas yang lebih tinggi) merupakan halyang menyenangkan. Namun sebagai awak kabin, kami sama sekali tidak merasa itu merupakan hal yang lucu,” ujar salah satu cabin manager, Jay Roberts, dikutip KabarPenumpang.com dari laman express.co.uk (11/11/2018).

“Bangku-bangku di dalam penerbangan merupakan produk yang kami jual. Jadi ketika Anda berusaha duduk di bangku yang tidak semestinya, itu sama saja dengan mencuri,” imbuhnya singkat.

Duh, nampaknya upaya untuk duduk di kelas yang lebih tinggi dalam suatu penerbangan bukanlah hal yang bisa dianggap remeh dan merujuk pada pernyataan Jay tadi.

“Sembari Anda berjalan kembali ke bangku yang Anda sebenarnya, awak kabin akan berbicara dengan nada yang sangat keras sehingga semua penumpang di dalam kabin tahu bahwa Anda sedang dikawal dari kelas bisnis menuju kelas ekonomi bangku asli Anda,” jelas Jay mengenai konsekuensi yang sekiranya bakal Anda terima.

Baca Juga: Jadi Penumpang Business Class di Boeing 777 Garuda Indonesia, Inilah yang Anda Nikmati

Tidak berhenti sampai di situ, pihak maskapai juga akan memasukkan nama Anda ke dalam watch list pada penerbangan selanjutnya. “Bahkan di sebagian maskapai, mereka akan dikenakan biaya tambahan kepada si penumpang yang bersangkutan.” tutup Jay.

 

Leave a Reply