Inilah Deretan Aplikasi Cuaca Terbaik Untuk Smartphone Android dan iOS

Sumber: pastemagazine.com

Kesal rasanya jika Anda sudah merencanakan untuk pergi keluar, namun terpaksa gagal karena kondisi cuaca yang tidak mendukung. Ditambah dengan dampak pemanasan global yang membuat kondisi cuaca jadi semakin tidak menentu. Namun seiring perkembangan jaman, kini peran rubrik ramalan cuaca yang biasa ditonton di televisi tergantikan dengan hadirnya weather apps.

Dan dari sekian banyak aplikasi bergenre weather monitor yang kini bertebaran di Google Play dan iTunes App Store, berikut KabarPenumpang.com himpun beberapa aplikasi cuaca terbaik yang bisa dipasang di smartphone Anda versi laman pastemagazine.com.

Baca Juga: 8 Aplikasi Ini Bisa Maksimalkan Anda Selama Melancong di Negeri Orang

Best Truncated Design: Yahoo Weather (iOS, Android)
Tampilan yang  tidak terlalu rumit dan mudah dibaca menjadi kelebihan dari aplikasi ini, walaupun informasi yang diberikan tidak terlalu terperinci dan tidak “secerdas” aplikasi lainnya. Anda dapat melakukan konfigurasi terhadap aplikasi ini jika informasi yang ingin Anda ketahui hanyalah seputar suhu. Jika Anda juga ingin mengetahui tentang kecepatan angin atau informasi lainnya seputar cuaca, Anda bisa melakukan pengaturan untuk memunculkannya di layar. Latar belakang hitam dengan tampilan huruf berwarna putih akan semakin memudahkan Anda untuk menggunakan aplikasi cuaca ini.

Best Storm Manager: RainAware (iOS, Android)
Bepergian ke luar kota atau bahkan luar negeri terkadang memaksa kita untuk selalu siaga akan kondisi cuaca yang mungkin saja terjadi di lokasi tujuan. Dengan hadirnya RainAware, Anda bisa memprediksi untuk membawa payung  atau tidak jika hendak bepergian di kota orang. Jelas ini akan lebih bermanfaat ketimbang Anda harus selalu membawa payung selama bepergian.

Selain bisa memperkirakan kemungkinan turun hujan, aplikasi ini juga bisa memberikan perkiraan kasar tentang jalur badai dan melacak daerah mana saja yang berpotensi badai. Walaupun terbukti ampuh untuk menyiapkan diri Anda dari ancaman basah karena hujan, namun tampilan dari aplikasi ini bisa dibilang cukup kuno, dan tidak memungkinkan untuk penyedia aplikasi menampilkan informasi lain seputar cuaca.

Baca Juga: Delapan Aplikasi Ini Bisa Pantau Pergerakan Pesawat via Smartphone

Best Interface: Weather Underground (iOS, Android)
Ini mungkin bukan aplikasi yang paling mudah digunakan, namun Weather Underground menyediakan akses ke banyak data dengan visual yang bermanfaat seperti diagram lingkaran dan grafik lainnya. Banyaknya informasi tentang cuaca lokal yang tersedia di aplikasi ini seakan membebaskan diri Anda untuk melakukan kostumisasi terhadap informasi mana saja yang hendak Anda tampilkan. Semua tergantung kebutuhan Anda!

Best Premium App: RadarScope (iOS, Android)
RadarScope menampilkan tornado, badai parah, dan peringatan banjir bandang yang dikeluarkan oleh National Weather Service. RadarScope memfasilitasi Anda untuk melihat radar cuaca NEXRAD pada smartphone Android atau tablet Anda.

Best Overall App: Dark Sky (iOS, Android)
Dark Sky merupakan aplikasi yang mencakup semua kebutuhan informasi Anda akan cuaca. Melalui aplikasi ini, Anda bisa meminta aplikasi ini untuk mengirimkan informasi mengenai cuaca secara berkala ke ponsel Anda, cukup menggunakan nomor telepon Anda.