Inilah Gambaran ‘Hidup-Mati’ Karyawan Airbus Kebut Produksi 15 Ribu Ventilator

0
AMRC Cymru, salah satu pabrik Airbus di Broughton, Wales, yang sebelumnya memproduksi sayap pesawat, telah mulai memproduksi hingga 1.500 ventilator Penlon Prima ESO2 setiap pekan. Foto: IAN COOPER/NORTH WALES LIVE

Awal April lalu, Airbus mulai terlibat dalam proyek produksi ventilator untuk Inggris. Airbus berkontribusi dengan membuat desain tiga dimensi dan penyediaan fasilitas. Sadar produksi akan lebih cepat bila dilakukan bersama-sama, Airbus, melalui Ventilator Challenge UK kemudian menggandeng berbagai perusahaan lainnya, seperti Smiths Medical, berbasis di Luton untuk membuat desain ventilator, serta Penlon, manufaktur medis yang berbasis di Abingdon, Oxfordshire.

Baca juga: Keren, Penjualan Pesawat Sepi, Airbus Produksi Ventilator Lawan Corona

Nah, belum lama ini, seorang Kepala fotografer North Wales Live, Ian Cooper, diberikan akses khusus untuk mengabadikan momen sekitar 550 karyawan Airbus berpacu dengan waktu untuk memproduksi sekitar 15 ribu ventilator dalam upaya percepatan penanganan virus corona oleh National Health Service (NHS), Inggris. Seperti dikutip dari cheshire-live.co.uk, berikut lima gambar aktivitas produksinya.

1. AMRC Cymru

Foto: IAN COOPER/NORTH WALES LIVE

Setelah persetujuan dari Badan Pengawas Obat-Obatan dan Produk Kesehatan (MHRA) Inggris, AMRC Cymru, salah satu pabrik Airbus di Broughton, Wales, yang sebelumnya memproduksi sayap pesawat, telah mulai memproduksi hingga 1.500 ventilator Penlon Prima ESO2 setiap pekan.

2. Bekerja Sepanjang Hari

Foto: IAN COOPER/NORTH WALES LIVE

Lebih dari 550 karyawan Airbus bekerja sepanjang waktu sebagai bagian dari konsorsium Ventilator Challenge UK, untuk menghasilkan setidaknya 15.000 penggemar untuk NHS. Hal itu dilakukan untuk menutup kekurangan ventilator yang ada. Dalam laporan Kementerian Kesehatan Inggris atau National Health Service (NHS), saat ini Inggris hanya memiliki kurang dari 15 ribu ventilator di seantero negeri.

3. Banyak Vendor

Foto: IAN COOPER/NORTH WALES LIVE

Selain dua perusahaan tersebut, Dyson dan Airbus, serta beberapa perusahaan lainnya yang digandeng Airbus, kegentingan yang terjadi juga membuat pemerintahan mendorong raksasa manufaktur lainnya untuk ikut terlibat. Mulai dari manufaktur otomotif hingga manufaktur alat kesehatan, seperti Mclaren, Nissan, Rolls Royce, Penlon, Ford, dan Inspiration Healthcare. Meski tak disebut semua kontribusi mereka, namun, dilaporkan McLaren membuat troli atau bagian bawah ventilator, Ford dan Penlon membuat unit ventilator.

Baca juga: Tim Formula 1 Mercedes-AMG Ciptakan Ventilator Canggih dan Lebih Mudah Digunakan

4. Supai Chian Panjang

Foto: IAN COOPER/NORTH WALES LIVE

Airbus membuat sekitar 50 persen bagian dari setiap ventilator jadi di AMRC Cymru, merakit unit penyerap dan flowmeters. Bagian jadi kemudian bergabung dengan unit ventilator buatan Ford di Dagenham dan troli buatan McLaren di Woking untuk membuat unit jadi. Setelah pengujian akhir oleh Penlon di Abingdon, ventilator siap untuk dipasok ke NHS.

5. Peran Vital

Foto: IAN COOPER/NORTH WALES LIVE

Menteri Pemerintah Welsh untuk Ekonomi dan Wales Utara, Ken Skates, mengatakan, “Cara para pekerja telah beradaptasi dengan jalur produksi baru benar-benar luar biasa. Saya juga ingin mengenali fleksibilitas tim di AMRC untuk mendukung pekerjaan kritis ini, yang akan memainkan peran vital di NHS di sini di Wales dan lebih jauh lagi. Tidak ada keraguan bahwa pekerjaan itu berlangsung di Broughton akan menyelamatkan nyawa.”

Leave a Reply