Inilah Jurus Perkeretaapian India Hapus Penggunaan Tiket Kertas

Ilustrasi kereta India (NPR)

Kertas, salah satu bahan baku yang masih sering dipakai dewasa ini dan terbuat dari olahan kayu di hutan. Namun, karena semakin hari semakin berkurang bahan bakunya, membuat perkeretaapian India berupaya mengurangi pemakaian kertas untuk tiket kereta mereka.

Baca juga: Mesin Tiket Otomatis Tak Berfungsi, Penumpang Kereta di Chennai Harus Antre

KabarPenumpang.com melansir dari laman financialexpress.com (25/5/2018), bahwa pihak Indian Railways menawarkan bonus bagi para penumpang dan pelanggan kereta api untuk memesan tiket mereka dengan aplikasi Unreserved Ticketing System on Mobile (UTS). Nantinya bila pengguna membeli tiket dengan UTS maka akan diberikan bonus lima persen ketika mengisi ulang Dompet R mereka.

Hal ini dilakukan oleh divisi South Indian Railways baru-baru ini untuk meminimalisir dan mendorong gaya hidup penumpang kereta India dengan tanpa tiket kertas. Skema pengurangan tiket kereta kertas ini dilaksanakan Indian Railways atas perintah Dewan Kerta Api dan akan dilakukan selama tiga bulan.

Dimana penumpang yang menggunakan aplikasi UTS dan mengisi dompet R mereka akan langsung mendapatkan bonus lima persen tersebut. Contohnya saat penumpang mengisi Rs1000 atau sekitar Rp207 ribu, maka akan ditambahkan Rs50 atau sekitar Rp10 ribu.

Adanya bonus yang diberikan ini, membuat masyarakat India memberikan tanggapan yang luar biasa untuk mengurangi penggunaan tiket kertas. Saat ini, aplikasi UTS sendiri tak hanya hadir di Android, tetapi pengguna iOS juga sudah bisa menggunakannya.

Dengan aplikasi ini, penumpang bisa dengan mudah memesan tiket kereta dengan ponsel mereka dan kemudian tiket digital akan dikirimkan ke email ataupun nomor ponsel pengguna. Untuk melakukan pembayarannya pun melalui dompet R yang bisa diisi ulang.

Baca juga: Lakukan Rekrutmen dan Tes Online, Perusahaan Kereta Api India Selamatkan Hutan

Untuk pengisian ulang dompet R sendiri bisa dilakukan di semua loket tiket kereta India. Tak hanya itu, penumpang juga bisa melakukan pengisian dompet R mereka dengan kartu kredit atau debit mereka atau menggunakan situs web www.utsmobile.indianrail.gov.id.

Divisi South Indian Railways untuk meningkatkan inisiatif penjualan tiket tanpa kertas karena tidak membebankan biaya layanan apapun untuk mengisi ulang dompet R melalui konter UTS.