Tuesday, April 16, 2024
HomeDestinasiInilah Keuntungan Jika Reaktivasi KA Sawahlunto - Muaro Kalaban Kembali Beroperasi

Inilah Keuntungan Jika Reaktivasi KA Sawahlunto – Muaro Kalaban Kembali Beroperasi

Pengaktifan kembali jalur tersebut disambut positif oleh warga sekitar karena menjadi salah satu upaya untuk membantu mengembangkan wisata di Sumatera Barat. Pemandangan yang disuguhkan saat perjalanan pun benar – benar luar biasa. Tak heran wisatawan lokal maupun internasional tak mau ketinggalan saat mampir ke Sumatera Barat untuk mencoba kereta api legendaris ini.

Baca juga: Mak Itam, Lokomotif Uap Legendaris Yang Jadi Ikon Wisata Sawahlunto

Beberapa keuntungan yang akan diperoleh saat beroperasinya KA lintas Sawahlunto – Muaro Kalaban ini adalah dibidang perekonomian khususnya warga Sumatera Barat. Keuntungan lainnya adalah menambah animo masyarakat yang senang traveling dengan kereta api melewati terowongan legendaris dengan panjang kurang lebih 1 kilometer.

Masyarakat juga bisa merasakan nostalgia dengan jalur tersebut apalagi jika kembali diaktifkan lokomotif uap untuk wisata layaknya di Ambarawa, pastinya menambah kesan yang nostalgia saat banyaknya lokomotif uap yang beroperasi sejak dulu.

Saat ini PT Kereta Api Indonesia memulai pekerjaan jalur ini berlangsung enam bulan atau sampai akhir tahun 2022. Sebelumnya beberapa hari lalu dilakukan inspeksi menggunakan lori inspeksi ke beberapa lokasi yang akan dilewati KA ini mulai dari Sawahlunto sampai dengan Muaro Kalaban.

Keuntungan yang luar biasa dengan di reaktivasi jalur tersebut juga merupakan kawasan yang ditetapkan sebagai Warisan Dunia Baru UNESCO yaitu Situs Ombilin Coal Mining Heritage of Sawahlunto. Perbaikan berupa prasarana penunjang pada jalur sepanjang 4 kilometer ini yaitu jalan rel, 2 buah jembatan, terowongan, persinyalan, bangunan stasiun, dan dipo. Adapun yang perlu dilakukan penggantian adalah batang dan bantalan rel serta penambat balas agar perjalanan KA dapat melintas dengan aman. Tak hanya perbaikan jalur dan prasarana penunjang, nantinya PT KAI juga akan kembali mengaktifkan Lokomotif Uap E1060, atau dikenal sebagai Lokomotif Mak Itam.

Baca juga: Mak Itam Diperbaiki, Jalur Kereta Komersial dan Wisata dari Sawahlunto ke Padang Panjang Direaktivasi

Harapan akan diaktifkannya jalur serta lokomotif dan rangkaian KA wisata lintas Sawahlunto – Muaro Kalaban menjadikan kembali kereta wisata dengan lokomotif uap di jalur Sumatera Barat. Dan rencana jalur ini aktif beroperasi pada awal Januari 2023. (PRAS – Cinta Kereta Api)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru