Inilah Lima Spekulasi Jatuhnya Boeing 737-800 Ukraine International di Iran

0
sumber: wikipedia

Insiden jatuhnya pesawat Ukraine International PS752 pada Rabu (8/1) kemarin tentu saja membuat banyak orang bertanya-tanya apa penyebab dari jatuhnya pesawat bertipe Boeing 737-800 ini. Spekulasi pun mulai bermunculan, mulai dari masalah teknis, hingga yang paling ‘liar’ adalah pesawat ini jatuh karena terkena tembakan. Tentu saja masih terlalu dini untuk menyimpulkan penyebab jatuhnya pesawat yang tengah mengangkut 180 orang di dalam pesawat ini, mengingat masih diperlukannya penyelidikan mendalam dan menyeluruh.

Baca Juga: Di Tengah Ketegangan Iran-AS, Boeing 737-800 Ukraine International Jatuh di Iran

Bagi Anda yang penasaran dengan spekulasi apa saja yang menyelimuti kasus jatuhnya pesawat Ukraine International di Teheran pada Rabu kemarin, berikut KabarPenumpang.com rangkum lima spekulasi yang beredar di masyarakat, dilansir dari laman news.sky.com (8/1).

Masalah Pada Mesin
Tak berselang lama setelah pesawat nahas ini jatuh, pihak Kedutaan Ukraina yang ada di Ibukota Iran menyebutkan bahwa pesawat jatuh karena adanya kegagalan pada mesin yang berujung pada terbakarnya mesin pesawat.

Sebenarnya spekulasi ini cukup masuk akal, mengingat pada video yang beredar luas di publik menunjukkan bahwa pesawat dalam kondisi terbakar ketika melintas di udara.

Namun spekulasi ini ‘menguap’ begitu saja, seiring dengan dicabutnya komentar dari Kedutaan Ukraina tak lama setelah mereka mengunggah penyebab jatuhnya pesawat.

Masalah Mekanis
Sebenarnya spekulasi ini masih bisa menjadi hulu dari spekulasi pertama. Ketika petugas ground handling tidak telaten dan teliti dalam memperbaiki dan mengecek pesawat sebelum mengudara, maka bukan tidak mungkin jika pesawat akan mengalami kecelakaan.

Spekulasi ini ditunjang dengan pernyataan pihak maskapai yang mengatakan bahwa ini merupakan kecelakaan fatal pertama yang melibatkan Ukraine International Airlines dan awak kokpit berpengalaman. Selain pihak maskapai, para pejabat Iran juga mencurigai adanya masalah teknis yang menyebabkan pesawat jatuh.

Korsleting
Sebenarnya spekulasi ini terbilang cukup ‘minim pendukung,’ namun bukan tidak mungkin jika ternyata pesawa Boeing 737-800 yang dioperasikan oleh Ukraine International ini mengalami korsleting yang pada akhirnya membuat pesawat terbakar dan jatuh.

Baca Juga: [Video] Peti Jenazah Jenderal Qasem Soleimani Ditempatkan di Kabin Penumpang

Bom
Seorang mantan senior inspector di UK Air Accidents Investigation Branch (AAIB), Tony Cable mengatakan bahwa spekulasi tentang bom di dalam penerbangan berjadwal menuju Ukraina ini bisa jadi benar adanya. Menurut Tony, bom yang diledakkan di udara dapat dengan mudah menghilangkan kendali pesawat.

Ditembak
Pesawat ini dikabarkan jatuh beberapa jam setelah Iran melancarkan serangan roket terhadap dua basis Amerika Serikat di Irak. Ya, jika memang spekulasi ini benar, maka tensi antara Iran dan Amerika Serikat yang belakangan ini sedang meningkat akan semakin memanas. Spekulasi terkena tembakan dari artileri pertahanan udara Iran (salah tembak) belakangan cenderung menguat.

Leave a Reply