Di Tengah Ketegangan Iran-AS, Boeing 737-800 Ukraine International Jatuh di Iran

0
Boeing 737-800 milik Ukraine International Airlines. Sumber: Airline Ratings

Pesawat Boeing 737-800 milik Ukraine International Airlines dikabarkan jatuh setelah lepas landas dari bandara Imam Khomeini, Iran. Menurut pemberitaan yang tersiar, pesawat ini mengangkut 180 penumpang dan awaknya. Media lokal Iran menginformasikan bahwa pesawat jatuh tak lama setelah tinggal landas dikarenakan masalah teknis.

Baca Juga: Duh! Potongan Pesawat Uji Airbus Jatuh di Desa Dekat Bandara Toulouse-Blagnac

Menurut situs Flightradar 24, terlihat bahwa pesawat meninggalkan Iran pukul 02.42 waktu setempat menuju Bandara Internasional Kyiv’s Boryspil di Ukraina. Dirangkum KabarPenumpang.com dari berbagai laman sumber, pesawat milik Ukraine International Airlines diketahui baru berumur sekitar 4 tahun.

Hingga berita ini diterbitkan, pihak Boeing selaku produsen belum memberikan tanggapan dan belum ada informasi lebih lanjut terkait kecelakaan tersebut.

Mengutip dari laman Reuters (8/1), Kepala Layanan Kedaruratan Iran, Pirhossein Koulivand mengatakan, “Pesawat terbakar. Kami sudah mengirim kru untuk menyelamatkan penumpang,”

Seiring dengan viralnya pemberitaan ini, muncul juga sebuah rekaman amatir yang menunjukkan sebuah pesawat yang terbakar tengah melintas di kegelapan malam. Dalam video berdurasi kurang dari satu menit ini, tampak pesawat meledak di akhir-akhir video. Diduga, pesawat tersebut adalah Boeing 737-800 milik Ukraine International Airlines.

Baca Juga: Tragedi GA152: Sempat Terjadi ‘Kebingungan’ Identifikasi ATC dengan MA152

Jatuhnya pesawat ini bertepatan dengan meningkatnya ketegangan antara Amerika Serikat dan Iran. Apakah insiden jatuhnya pesawat ini masih ada korelasinya dengan ketegangan antara dua negara tersebut?

Ada juga asumsi yang menyebutkan bahwa pesawat Ukraina ini tidak sengaja tertembak oleh Sistem Pertahanan Udara Militer Iran. Namun kembali lagi, masih belum ada titik terang terkait insiden ini.

Leave a Reply