Tuesday, April 16, 2024
HomeBandaraInilah Mayjen Chris Donahue, Tentara AS Terakhir yang Tinggalkan Bandara Kabul Afghanistan

Inilah Mayjen Chris Donahue, Tentara AS Terakhir yang Tinggalkan Bandara Kabul Afghanistan

Pentagon memastikan penerbangan terakhir telah berangkat pada Senin malam lalu sebelum berganti hari. Dengan demikain, semua personel militer Amerika Serikat (AS) berada di luar Afghanistan. Penerbangan terakhir pesawat militer tersebut juga sebagai penanda berakhirnya proses evakuasi AS terhadap warga dan loyalisnya dari kelompok Taliban.

Baca juga: Amerika Serikat Pergi dari Afghanistan, Taliban Minta Turki Operasikan Bandara Kabul

Di balik kepergian tentara Amerika Serikat terakhir di Kabul Afghanistan, tak banyak yang tahu, bahwa Mayor Jenderal (Mayjen) Chris Donahue adalah orang terakhir yang naik ke pesawat dan meninggalkan negara tersebut. Itu bukan hanya proses evakuasi biasa, melainkan juga rekor bagi sang Mayjen.

Dilansir First Post, informasi terkait Mayjen Chris Donahue sebagai tentara AS terakhir (atau mungkin juga orang AS terakhir) yang naik ke penerbangan terakhir dan meninggalkan Afghanistan melalui Bandara Kabul, tersiar melalui laman Twitter resmi Pentagon.

Sambil membawa senapan di tangan kanannya, dalam foto komandan Divisi Lintas Udara ke-82 yang diambil menggunakan perangkat night vision itu, ia terlihat melangkah dengan tegas menuju pesawat angkut militer Boeing C-17 Globemaster.

Sebagai komandan divisi, Mayjen Chris Donahue wajar menjadi orang terakhir yang naik ke pesawat di penerbangan terakhir militer AS dari Afghanistan. Selain untuk memastikan prajuritnya tidak ada yang tertinggial, ia juga disebut menyempatkan diri bertemu dengan komandan Taliban.

Pertemuannya itu untuk memberitahu bahwa ia dan tim akan segera pergi. Penerbangan terakhir militer AS dipastikan terjadi persis terjadi pada Senin malam sebelum berganti ke hari Selasa, seperti yang sudah dijanjikan Presiden Joe Biden.

“Jenderal Donahue, salah satu hal terakhir yang dia lakukan sebelum pergi adalah berbicara dengan komandan Taliban yang telah dia koordinasikan tentang waktu kami pergi. Hanya untuk memberi tahu mereka bahwa kita akan pergi,” kata Jenderal Frank McKenzie, komandan Komando Pusat AS.

Sebelum pesawat lepas landas dari Bandara Kabul, Mayjen Chris Donahue juga tak lupa untuk memberikan apresiasi kepada seluruh prajuritnya melalui mIRC chat. “Kerja bagus, saya bangga dengan kalian semua.”

Mayjen Chris Donahue komandan Divisi Lintas Udara ke-82 yang berada di bawah Korps Lintas Udara ke-18 Angkatan Darat AS yang berbasis di Fort Bragg, Carolina Utara.

Lulus dari Akademi Militer Amerika Serikat, Donahue langsung ditugaskan sebagai letnan dua di Cabang Infanteri pada tahun 1992.

Ia kemudian dikirim ke Afghanistan pada Agustus lalu untuk membantu mengamankan Bandara Kabul saat AS mendekati batas waktu evakuasi pada Selasa, 31 Agustus 2021.

Baca juga: Jepang Dihujat Gegara Pesawat C-130 Hercules Hanya Evakuasi Satu Orang, Ekspektasinya 500 Orang

Sebelum ini, Donahue telah menjadi asisten khusus untuk Kepala Staf Gabungan di Pentagon dan juga menjabat sebagai komandan satuan tugas gabungan operasi khusus-Afghanistan untuk mendukung Operation Freedom’s Sentinel.

Total, Mayjen Donahue telah dikerahkan 17 kali untuk penugasan operasi di Afghanistan, Irak, Suriah, Afrika utara, dan Eropa timur.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru