Inilah “Neyk,” Rancangan Prototipe Kapal Selam Mewah dengan Kokpit Pesawat

0
Neyk, kapal selam mewah (www.thesun.co.uk)

Kapal selam mini (submerged) yang dirancang untuk keperluan wisata bawah air sudah sering kita dengar keberadaanya. Masuk sebagai wahana premium, kapal selam mini dihadirkan untuk memuaskan sensasi pelancong pada dunia bawah air, sesuatu yang lazimnya hanya bisa dirasakan awak kapal selam militer. Bahkan karena dirancang untuk wisata, kapal selam wisata hadir dengan kaca-kaca pantau untuk melihat panorama.

Dan seperti halnya kapal selam militer yang teknologinya terus berkembang, segmen kapal selam wisata pun tak luput dari sentuhan inovasi baru. Memang belum sampai menyentuh level ‘laut dalam,’ namun kapal selam wisata yang diberi label “Neyk” ini punya kesan istimewa. Masih dalam proyek pembangunan prototipe, Ocean Submarine selaku inisiator proyek Neyk telah melansir beberapa citra kapal selam ini, yang disebut-sebut punya kabin nan eksklusif laksana ruang kelas satu di jet pribadi. Tak itu saja, Neyk berbeda dengan kapal selam konvensional, pasalnya ruang kemudi kapal selam sepanjang 19 meter ini dirancang mirip dengan kokpit pesawat penumpang modern, lengkap dengan monitor-monitor dan tombol navigasi.

Baca juga: MSC Meraviglia, Kapal Pesiar Terbesar dari Mediterranean Shipping Cruises

Rancangan prototipe Neyk pertama kali dirilis pada bulan Juni lalu. Kapal selam yang ditawarkan punya panjang 19 meter ini dirancang untuk menembus kedalaman hingga 150 meter. KabarPenumpang.com melansir dari thesun.co.uk (16/7/2017), kapal selam ini tengan dalam proses pembuatan di Belanda. Neyk sendiri merupakan sebuah kolaborasi antara Ocean Submarine, MTU, Bosch dan Rolls Royce. Untuk sekali jalan, kapal selam ini sendiri bisa memuat 20 orang penumpang dan memiliki lebar yang sama dengan pesawat jet pribadi.

Interior Neyk menampilkan nuansa mewah yang mencakup dapur, bar dan perpustakaan. Pada kapal selam ini juga bisa ditambahkan landing gear yang bisa berkendara lurus kdi atas deck kapal pesiar yang dirancang khusus sebagai home base-nya. Sebagai kapal selam untuk misi wisata, bagian depan kapal dilengkapi dengan ruang kaca panorama, sehingga penumpangnya dapat melihat pemandangan dengan sudut 270 derajat.

Interior Neyk (www.thesun.co.uk)

Pembuat kapal selam mengatakan, prototipe Neyk siap diluncurkan pada Januari 2018 mendatang. Martin van Eijk, Pendiri Ocean Submarine mengatakan proyek ini sudah dimulai sejak tahun 2009 dan pembuatan lambung kapal disesuaikan untuk layanan angkatan laut, penjaga pantai dan pasar mewah perkapalan.

“Tujuan saya adalah menggabungkan keahlian dalam pesawat terbang, pesawat ruang angkasa dan kapal bawah laut. Hasilnya adalah kapal selam generasi baru yang menampilkan lambung kapal dan menawarkan tingkat kemewahan serta pengalaman unuk di kapal selam,” ujar Martin.

Baca juga: Ini 15 Lokasi Persinggahan Favorit Kapal Pesiar

Tak perlu jauh-jauh ke luar negeri, di Indonesia juga sudah ada kapal selam yang bisa membawa penumpang melihat nuansa bawah laut, tetapi hanya mampu masuk ke kedalam 30-45 meter. Namanya Odyssey Submarine dan menjadi satu-satunya kapal selam wisata di Indonesia yang berlokasi di Labuhan Amuk, Bali

Kapal selam ini dibuat dengan teknologi canggih dan mampu mengangkut 36 orang penumpang yang membawa pelancong melihat keindahan bawah laut tropis. Perjalanan para pelancong juga pastinya aman karena dipandu oleh pilot dan kopilot berpengalaman.

kokpit kapal selam Neyk (www.thesun.co.uk)

Odyssey Submarine ini bertenaga baterai sehingga sangat ramah lingkungan dan di desain serta dibuat secara ekslusif oleh salah satu afiliasi pemimpin dunia dalam teknologi kapal selam, Internasional Submarine Engineering Ltd of Vancouver, Kanada, Odyssey Submarine II dengan standar paling ketat.

Odyssey Submarine Bali (Water Sport Bali)

Leave a Reply