Inilah Portal Maskapai Terbaik Versi WebAward

(nao.ac)

Selain beradu pelayanan di on-board dan tarif, antar maskapai penerbangan juga berkompetisi dalam menampilkan website yang apik dengan desain, menu dan user interface yang atraktif. Bukan sekedar menarik perhatian, website maskapai yang baik juga harus mampu memudahkan calon konsumen dalam bernavigasi. Maka tak heran, selain bicara kemampuan armada, keberadaan website juga menjadi tolok ukur performance suatu maskapai.

Baca juga: Berat Badan Dianggap Berlebih, Awak Kabin Ini Ajukan Tuntutan ke Maskapai

Web Marketing Association lewat webaward.org sejak tahun 1997 telah memberikan penghargaan tahunan pada website maskapai penerbangan. Biasanya untuk memberikan sebuah penghargaan Asosiasi Pemasaran Web melalui Web Best Airlines menentukan beberapa kriteria pada web maskapai penerbangan. Ada tujuh kriteria dalam pemberian penghargaan tersebut yakni desain, kemudahan penggunaan, copywriting, interaktivitas, penggunaan teknologi, inovasi dan konten di dalamnya.

Dalam pemilihan web Best Airlines, para website maskapai kontestan akan mendapat evaluasi independen dari para ahli yang juga disebut-sebut independen. Selain itu ajang ini juga memberikan umpan balik yang berharga untuk membantu benchmark bagi para maskapai untuk pengembangan website di industri penerbangan.

Tak hanya itu, situs web maskapai yang turut serta dalam ajang ini juga akan menerima patung penghargaan serta sertifikat, dan visibillitas yang tinggi untuk perusahaan. Ajang ini juga menjadi peluang promosi di beberapa media, umumnya tautan ke situs maskapai dari kanal WebAward berperingkat tinggi dalam SEO (Search Engine Optimization) dan kinerja tentang web maskapai.

Sementara web maskapai yang tidak dipilih sebagai web Airline terbaik juga berhak mendapatkan Outstanding Website Award atau Standard of Excellence Award. Memasuki WebAwards dapat membantu maskapai mempertahankan Tren Maskapai Penerbangan dengan menunjukkan bagaimana maskapai dapat memenuhi parameter penilaian dalam standar WebAward.

Berikut ini ada nama-nama pemenang dari tahun 2003 hingga 2016 kemarin

2016 – SapientNitro & China Airlines China Airline Website Re-design
2015 – DigitasLBi Virgin Atlantic Airways
2014 – Icelandair & TM Software Icelandair
2013 – ROKKAN JetBlue
2011 – Carlson Marketing JetBlue “TrueBlue Be True”
2010 – Lufthansa in partnership with Amadeus Lufthansa in partnership with Amadeus
2009 – Blast Advanced Media Nature Air – Eco Friendly Costa Rica Airline
2008-  Atmosphere BBDO emirates.com
2007 – Cramer-Krasselt AirTran Raceway
2006 – TM Interactive American Airlines – We Know Why You Fly
2005 – TM Interactive We Know Why You Fly
2004 – Cramer-Krasselt AirTran Airways – E-Annual 2003
2003 – Agence Braque Jetsgo