Inilah Space Shuttle Café, Food Truck Bertema Pesawat Luar Angkasa

0
Space Shuttle Café saat berkeliling AS. Foto: Kark

Selama ini, pesawat bekas tak sedikit yang dijadikan restoran. Namun, rata-rata dari mereka berkonsep dine in di dalam pesawat yang sudah direnovasi layaknya restoran. Tetapi, di Manhattan, New York, pesawat Douglas DC3 disulap menjadi restoran berkonsep food truck, Space Shuttle Café.

Baca juga: Pensiun dari Dunia Aviasi, Boeing 747 Disulap Jadi Restoran Mewah

Sebagaimana namanya, food truck tersebut juga dirombak sedemikian rupa sampai mirip sekali dengan Space Shuttle, wahana antariksa AS.

Layaknya food truck pada umumnya, Space Shuttle Café menjajaki makanan-minuman ringan, seperti burger minum-minuman bersoda, sup, jamur, ayam dan daging panggang, udang scampi, dan lain sebagainya.

Dilansir douglasdc3.com, ide untuk membuat food truck Space Shuttle Café dimulai sejak tahun 1982. Ketika itu, Phil dan istrinya, Becky, membuat pesawat eksperimental yang disebut “Long EZ” dan bergabung dengan klub Experimental Aircraft Association. Setiap tahun, Phil dan istrinya turut berpartisipasi dalam airshow tahunan selama beberapa kali.

Dalam sebuah kesempatan, di sela-sela airshow, Phil ditawari oleh penjual es krim gerobakan untuk menyewanya dan ia pun setuju. Setelah dua tahun, gerobak beserta peralatannya dijual. Sejak saat itu ia mulai berbisnis es krim gerobakan.

Di tahun kedua menjalani bisnis itu, ia mulai berpikir untuk membuat food truck mengingat bisnis gerobakannya sudah tak lagi menampung saking banyaknya pembeli.

Ia dan istri kemudian berniat menyulap pesawat B52 menjadi food trucknya. Tetapi, setelah ditimbang-timbang, pesawat tersebut tak cocok. Pilihan kemudian jatuh ke Douglas DC3 “The Shuttle”. Pesawat veteran Perang Dunia II itu rumornya pernah dibajak ke Havana, Kuba selama tahun 1960-an dan dikirim ke AS.

Singkat cerita, pesawat itu pun dibeli oleh Phil dan Becky dan diubah sepenuhnya menjadi Space Shuttle. Bagian kokpitnya tetap menyerupai DC3, adapun bagian dalamnya dirombak menjadi dapur. Awalnya, ini ditujukan untuk di acara airshow saja.

Space Shuttle Café tercatat memulai debut pada 23-24 Agustus di Camarillo Air Show tahun 2003.

Baca juga: Dijual Restoran Terbesar Bekas Airbus A340 di Turki Seharga Rp20 Miliar, Berminat?

Sejak saat itu, bisnis keluarga Phil dan Becky menjadi sangat familiar tak hanya di California Selatan, tetapi juga di beberapa wilayah lainnya di AS. Seiring berjalannya waktu, food truck tersebut kemudian berkeliling banyak wilayah di AS untuk menjajakan makanan.

Akan tetapi, entah apa yang terjadi, Phil dan Becky menjual itu ke orang lain. Sampai sekarang, pemilik restoran terus berganti selama bertahun-tahun. Sehingga, terkadang ‘pesawat’ ini tidak menjual makanan sama sekali. Kini, pesawat tersebut dijual seharga USD 230 ribu atau setara dengan Rp 3,2 miliar. Ada yang berminat?