Wednesday, May 25, 2022
HomeDestinasiInspeksi Menhub, Pelindo Regional 2 Siap Layani Angkutan Lebaran 2022

Inspeksi Menhub, Pelindo Regional 2 Siap Layani Angkutan Lebaran 2022

Meski Lebaran masih beberapa minggu lagi, semua moda transportasi mulai mempersiapkan Angkutan Lebaran. Dan pada 10 April lalu, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengunjungi Pelabuhan Tanjung Priok yang dioperasikan oleh PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Regional 2 untuk melihat persiapan Angkutan Lebaran 2022.

Baca juga: Tanjung Perak Tepi Laut, Riwayat Pelabuhan Kedua Tersibuk di Indonesia

Pada kunjungannya tersebut, Budi Karya meminta agar operator sarana dan prasarana transportasi laut dapat mengantisipasi daerah dengan tingkat penumpang yang tinggi. Bahkan dalam kunjungannya itu, Menhub memimpin langsung rapat koordinasi dengan seluruh instansi dan stakeholder dalam peningkatan kerja sama kehumasan di Terminal Penumpang Nusantara Pura, Pelabuhan Tanjung Priok.

“Dalam rakor, telah diidentifikasi daerah yang mengalami peningkatan penumpang. PT Pelni tadi menyampaikan ada satu daerah yang sudah 100 persen keterisiannya, untuk itu saya minta dilakukan re-routing kapal-kapal di daerah yang padat, sehingga diharapkan tidak terjadi kelebihan muatan,” ujar Budi Karya yang dikutip KabarPenumpang.com dari siaran pers.

Dia juga meminta agar semua pihak memastikan aspek keselamatan pelayaran terpenuhi dan dengan tegas mengatakan untuk melakukan uji petik atau pemeriksaan kelaikan kapal-kapal yang beroperasi pada masa mudik. Selain itu, Budi Karya juga meminta agar kesehatan awak kapal pun diperiksa.

Direktur Utama PT Pelindo Arif Suhartono berharap agar Pelabuhan Tanjung Priok dapat memastikan kesiapan sarana dan prasarana Terminal Penumpang dalam mendukung kelancaran arus mudik tahun 2022. Sehingga dapat berjalan aman dan lancar, serta mematuhi protokol kesehatan dan ketentuan yang berlaku dalam perjalanan melalui moda laut.Pelindo Regional 2 Tanjung Priok akan terus memastikan kesiapan Angkutan Lebaran melalui penumpang angkutan laut. Dengan berkoordinasi dan berkolaborasi dengan seluruh pihak instansi terkait di Pelabuhan Tanjung Priok dalam menjaga kelancaran arus penumpang mudik Lebaran di tahun ini.

Baca juga: Pelabuhan Benoa Berbenah, Kapal Pesiar Ukuran Besar Akan Bisa Bersandar

Untuk diketahui, berdasarkan survei Badan Litbang Perhubungan (Balitbanghub), dipreduksi jumlah pemudik yang akan menggunakan angkutan laut di Lebaran tahun 2022 mencapai 1,4 juta orang. Angka ini lebih tinggi bila dibandingkan jumlah penumpang pada masa angkutan Lebaran tahun 2020-2021.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular