Inspiratif, Chicago Punya Taman Ramah Anak di Tepi Jalur Kereta

0
Butterfield Stage memiliki paviliun zigzag dan fitur air di bawah tangki air lama (dezeen.com)

Area di pinggir perlintasan rel kereta umumnya dihindari sebagai lokasi bermain anak, tentu aspek keselamatan dan keamanan yang menjadi pertimbangan. Namun, kondisi setiap lokasi punya ciri yang berbeda. Seperti contohnya di Taman publik ramah anak Railayard yang hadir di Chicago dan letaknya berada di tepi jalur kereta api yang melintasi kota Rogers di Arkansas, Amerika Serikat. Taman dengan luas lima hektar tersebut dirancang oleh arsitek bernama Ross Barney.

Baca juga: Eks Jalur Kereta di Milan Diubah Menjadi Taman dengan Jalan Setapak Bergaya High Line

Barney membuat taman ini dilengkapi dengan alun-alun yang dihubungkan oleh jalan setapak dengan bangku-bangku, zona bermain anak-anak dan pavilion. Bahkan untuk merancang taman ini, Barney mengumpulkan seribu tanggapan survei dari masyarakat setempat.

KabarPenumpang.com merangkum dari dezeen.com (2/7/2021), Rogers tempat taman ini berada merupakan sebuah kota di Pegunungan Ozark, didirikan pada 1800-an sebagai perhentian di jalur kereta api. Dulunya disebut Frisco Park, tetapi kini berganti nama menjadi Railayard setelah didesain ulang menjadi bagian dari sejarah kota.

Taman bermain anak-anak yang penuh warna di Railyard (dezeen.com)

Tak hanya menjadi taman saja, Railyard juga menjadi lokasi pasar tani lokal, yang disebut Pasar DTR, yang diadakan di Frisco Plaza setiap Sabtu pagi. Tempat penampuangan air yang dulunya digunakan untuk mengisi tangki kereta api telah berubah menjadi kanvas bagi para seniman.

Bahkan instalasi air diatur pada area khusus di taman sehingga orang tetap dapat bermain di air mancur selama musim panas. Sementara itu Play Yard, area bermain anak-anak menampilkan lantai warna-warni dan memiliki banyak terowongan agar bisa dieksplorasi.

Kanopi zig-zag membentuk paviliun di atas Butterfield Stage, area acara outdoor dengan kapasitas seribu orang yang dinamai sesuai jalur kereta pos lama yang melintasi area sebelum rel kereta api. Ini memberikan keteduhan bagi banyak bangku kayu dan meja piknik yang terlihat seperti bantalan kereta api tua.

Meja piknik memiliki roda sehingga orang dapat mendorongnya bersama-sama untuk membuat meja panjang. Proyek taman ini didanai sebagian oleh sumbangan dari Walton Family Foundation, organisasi yang didirikan oleh pendiri Walmart Sam Walton. Toko Walmart pertama kali dibuka pada tahun 1962 di Rogers.

Baca juga: Hilangkan Stres Penguncian di Masa Pandemi, Stasiun Phnom Penh Punya Kafe Kereta

Ross Barney Architects sendiri merupakan kantor yang berbasis di Chicago. Proyek sebelumnya ia rancang di kota ini misalnya kawasan pejalan kaki tepi sungai lengkap dengan tempat memancing.