Integrasikan Big Data dan Cloud, Huawei Rilis 5G LTE-R untuk Sistem Komunikasi Kereta

0
(Urban Transport News)

Solusi teknologi 5G dalam platform Long Term Evolution- Railway (LTE-R) merupakan generasi baru untuk memfasilitasi komunikasi rel nirkabel yang baru saja resmi diperkenalkan oleh Huawei. Solusi dari Huawei ini sudah digunakan di Cina dan diluncurkan pada KTT Angkutan umum Global UITP 2019 di Stockholm.

Baca juga: Teknologi 5G, Apakah Aman untuk Perkeretaapian Dunia?

Dilansir KabarPenumpang.com dari laman railway-technology.com (12/6/2019), solusi LTE-R yang dikenalkan Huawei tersebut merupakan rancangan terbaru untuk mendukung solusi 5G dan interkoneksi GSM-R. Solusi baru tersebut akan menggunakan jaringan LTE-R untuk memungkinkan dalam mengontrol kereta api, pengiriman data, sistem informasi penumpang, CCTV dan layanan kereta api lainnya.

Platform ini juga akan mendukung beberapa layanan trunking seperti suara, video dan data Mission Critical Push-to-Talk (MCPTT). Selain solusi LTE-R, Huawei juga menghadirkan solusi Urban Rail Light Cloud dan 5G Digital Indoor System (DIS) untuk membantu operator dalam membangun sistem transportasi keret api yang lebih nyaman dan efisien.

Urban Rail Light Cloud Solution menggunakan teknologi virtualisasi canggih untuk mengubah sumber daya komputasi, penyimpanan, jaringan dan keamanan dari perangkat fisik menjadi sumber daya virtual. Selanjutnya, mereka bisa dialokasikan ke sistem aplikasi melalui host virtual, jaringan atau perangkat keamanan.

Solusi ini memungkinkan integrasi pada perangkat pusat data, mengurangi biaya pengadaan dan penyebaran perangkat. Ini dirancang untuk mendukung jaringan transportasi kereta api dengan kapasitas penumpang rendah dan sedang.

Solusi 5G DIS terbaru, disebut 5G LampSite, memanfaatkan beberapa teknologi canggih untuk mendukung LTE dan 5G. Solusi ini dirancang untuk menawarkan layanan komunikasi cerdas untuk memungkinkan manajemen aliran penumpang yang cepat, pemeriksaan keamanan, dan tiket.

“Untuk lingkungan yang mulus dan saling berhubungan di seluruh sistem ini, operator kereta api memerlukan perangkat komunikasi untuk mengumpulkan data dan platform digital yang mengintegrasikan cloud, IoT, big data, dan AI untuk memastikan keamanan, keandalan, dan keamanan dan operasi yang efisien,” kata Presiden Unit Bisnis Transportasi Global Huawei Enterprise Business Group Eman Liu.

Baca juga: Samsung Pasok Teknologi 5G di Kereta Cepat Jepang

“Huawei bertujuan untuk membantu pelanggan kereta api mencapai transformasi digital dengan menawarkan Urban Rail Cloud dan solusi komunikasi operasi kereta api, serta bekerja sama dengan mitra global untuk memindahkan kereta api ke masa depan.”

Leave a Reply