Intip Eskalator Stasiun Bersejarah di Sydney, Disulap Jadi Karya Seni Nan Artistik

0
Interloop. Sumber: natgeotv.com.au

Ada banyak cara yang dapat ditempuh untuk menghargai sejarah. Bukan hanya menghormati peninggalannya saja, tapi sebagai generasi penerus juga harus menjaga dan melestarikannya. Seperti yang dilakukan oleh seniman asal Sydney yang kembali membawa nostalgia publik dengan mendatangkan kembali eskalator pertama di York Street, Central Business District di Sydney. Dengan sedikit sentuhan artistik, seniman bernama Chris Fox ini sukses menggiring warga Sydney larut dalam nuansa tersebut.

Baca Juga: Intip Langsung Kungstradgarden, Stasiun Bawah Tanah Paling Keren di Dunia

Sebagaimana yang dihimpun KabarPenumpang.com dari laman abc.net.au (7/12/2017), karya seni yang diberi nama Interloop ini mengambil eskalator asli yang telah membawa ribuan penumpang dari dan ke Stasiun Wynyard. “Ini merupakan sebuah proyek yang sangat menarik untuk diselesaikan. Cukup intensif,” tutur Chris.

Eskalator yang dipasang di pintu masuk stasiun sejak tahun 1931 ini kembali menunjukkan dirinya dengan fungsi yang berbeda. Ketika dulu warga menginjak-injaknya, tapi kini eskalator kuno tersebut telah mencuri perhatian banyak kalangan. Untuk masalah pengerjaan, Chris dan timnya membutuhkan waktu enam bulan, mulai dari desain hingga eksekusi. Ia merancang 244 buah eskalator sedemikian rupa sehingga kerumunan tangga berjalan tersebut seolah meliuk-liuk di atas tempatnya dulu beroperasi. Kini si eskalator tua tersebut sudah tidak diinjak-injak lagi, melainkan memantau pergerakan penumpang dari atas.

Instalasi karya seni itu merupakan tahap akhir dari perombakan salah satu stasiun kereta tersibuk di kota ini. “Saya datang dari kota kecil, salah satu hal yang wajib saya lakukan ketika berkunjung ke stasiun ini adalah melihat dan berjalan di eskalator,” ungkap Jim, warga Wahroonga yang merasa kenangannya semasa ia kecil tergugah kembali.

Baca Juga: Seni Tingkat Tinggi Siap Hiasi Stasiun-Stasiun di Ottawa

Ramainya pemberitaan tentang eskalator ini sontak menuai pujian dari berbagai penjuru dunia, mulai dari mengaguminya hingga memuji aksi pelestarian sejarah tersebut. Jangan takut karya seni yang sarat akan sejarah ini jatuh menimpa pengunjung stasiun, karena Chirs sudah mempertimbangkannya dengan matang, sehingga karya seni ini terjamin keamanannya. “Kami menangguhkan karya ini dengan balok baja, sehingga keamanannya terjaga,” papar Chris.

“Orang bisa datang, melihat, dan menikmatinya.” Tutup Chris. Jadi, jika Anda berkesempatan untuk mengunjungi kota yang terkenal dengan Opera Housenya ini, jangan lupa mampir ya!

Leave a Reply