Intip Secret Airplane Bedrooms, Tempat Awak Kabin Melepas Penat

0
ilustrasi. Sumber: Jalanbareng.com

Pernahkah terlintas di benak Anda tentang bagaimana kru pesawat, baik pramugari maupun pilot, bisa kuat melaksanakan perjalanan jauh tanpa kelelahan terlihat dari wajah mereka? Apa mereka menggunakan obat? Atau mereka menghabiskan sisa waktunya selama di darat untuk beristirahat? Tentu akan muncul banyak spekulasi mengenai pertanyaan sederhana seperti ini. Pada dasarnya, mereka semua adalah manusia biasa yang bisa saja kelelahan karena tugas, apalagi jika dihadapkan pada penerbangan langsung jarak jauh.

Baca juga: Punya Standar Tinggi, Inilah Rasanya Jadi Awak Kabin Emirates

Sumber: wittyfeed.com
Sumber: wittyfeed.com

Berangkat dari persepsi bahwa performa awak udara harus segar selama penerbangan, maka manufaktur pesawat terbang, atas masukan dari pihak maskapai membuat sebuah ruang tersembunyi tempat flight attendant melepas penat.

Ruang rahasia ini dapat dijumpai di beberapa pesawat badang lebar Boeing 777 dan Boeing 787 Dreamliner dengan rute perjalanan jauh, tentu saja ruangan ini bukan untuk umum, hanya petugas saja yang boleh masuk ke sana. Ruangan tersembunyi ini berada di belakang cockpit dan di atas kelas utama. Terdapat juga tangga rahasia untuk naik ke ruangan ini. Untuk mengakses tangga ini, dibutuhkan kode khusus yang hanya diketahui oleh para kru pesawat. Pintu masuk menuju ruang rahasia ini dapat kita jumpai di belakang bangku paling ujung dari suatu kabin.

Ketika kode tersebut telah dimasukkan, maka pintu menuju tangga rahasia untuk sampai di ruang rahasia pun terbuka. Barisan anak tangga dengan kemiringan lebih dari 45 derajat pun langsung menyambut siapapun yang membukanya. Sesampainya di atas, Anda tidak akan menemukan sesuatu yang mewah, hanyalah sebuah lorong panjang dengan tempat tidur bertirai pada kedua sisinya. Sepintas, tempat ini terlihat seperti tempat penyimpanan barang penumpang.

Sumber: blogcdn.com
Sumber: blogcdn.com

Tidak semua ruangan rahasia ini memiliki lokasi yang sama di setiap pesawat. Contohnya pada Boeing 787 Dreamliner, terdapat 2 ruangan rahasia pada bagian depan dan belakangnya. Ruangan rahasia yang berada di depan diperuntukan untuk pilot dan co-pilot. Terdapat 2 kasur yang bersebelahan dan terpisah oleh tirai dan sebuah kursi santai yang menghadap ke kasur. Ruangan istirahat pilot tidaklah begitu luas, hanya serukuran 2 kasur tersebut, berbeda dengan ruangan istirahat untuk pramugari.

Sumber: Kompas.com
Sumber: Kompas.com

Ruang istirahat untuk pramugari lebih luas daripada ruang istirahat pilot, mengingat jumlah pramugari yang biasanya lebih banyak dari pilot dalam satu penerbangan. Ruang istirahat pramugari yang berada di bagian belakang pesawat ini berisikan 5 buah kasur lengkap dengan perlengkapan istirahat lainnya, seperti bantal dan selimut. Kedua ruang rahasia ini cukup nyaman untuk para kru pesawat yang kelelahan. Mereka bisa beristirahat sambil bercengkrama satu dengan lainnya, dan kalau dihubungkan dengan penyekat antar kasur yang menggunakan tirai, alasan untuk saling bercengkrama cukuplah masuk akal.

Lain halnya dengan Lufthansa A380, pesawat double deck ini memiliki ruang istirahat pada bagian bawah kabin penumpang. Sama seperti ruang rahasia lainnya, butuh kode khusus untuk mengakses ke ruangan ini. Interior di dalamnya pun berbeda dengan Boeing 787 Dreamliner. Ruang istirahat yang dimiliki oleh Lufthansa A380 bisa dibilang cukup besar, mengingat di dalamnya terdapat 12 kasur tumpuk 2 yang tersebar di 2 lorong kecil. Kasur pada Lufthansa A380 mirip sebuah kapsul dengan tirai sebagai penutupnya.

Baca juga: Demi Efisiensi, Garuda Indonesia Hapus Jatah Menginap Awak Kabin di Rute Sydney dan Melbourne

Terdapat juga kamar mandi lengkap dengan kloset serta wastafel yang terletak persis di sebelah tangga ruang rahasia ini. Terdapat pula sebuah monitor berukuran mini yang menunjukkan suhu ruangan rahasia tersebut, serta intercom yang menghubungkan satu bagian di pesawat dengan bagian lainnya.

Leave a Reply