Jadi Pramugari Singapore Airlines Harus ‘Serba Bisa’

0

Apakah semua pramugari bisa melakukan pekerjaan yang bukan bagiannya? Mungkin ada yang akan menjawab bisa dan tidak. Sebab memang tidak semua pramugari mendapat pendidikan yang sama. Namun berbeda untuk maskapai asal Singapura ini.

Baca juga: 50 Tahun Tak Berjumpa, Awak Kabin dan Pilot Malaysia-Singapore Airlines Reunian

Sebab pramugari Singapore Airlines yang memiliki kode SQ ini ternyata bisa melakukan semua hal. Mereka tidak hanya menerima penumpang di pintu masuk pesawat dengan senyuman atau hanya menyajikan makanan.

Tetapi mereka harus bisa melakukan berbagai macam hal dan menanganinya dengan tenang dan nyaman. KabarPenumpang.com merangkum dari asiaone.com (9/12/2019), ini tujuh hal yang bisa dilakukan pramugari Singapore Airlines lakukan.

1. Tahu perbedaan Chardonnay dan Riesling
Semua awak kabin Singapore Airlines memiliki pengetahuan dasar tentang minuman beralkohol seperti wine. Mereka diberi pengetahuan tentang wine yang disajikan dalam kabin. Pramugari harus tahu cara membaca label wine untuk mengetahui wine seperti apa yang tersedia. Mereka juga harus terbiasa dengan makanan pendamping wine.

2. Bisa beroperasi pada lebih dari satu jenis pesawat
Banyak yang berpikir bahwa semua pesawat terlihat dan memiliki cara kerja yang sama. Padahal tidak semua sama dan tidak semua pramugari bisa memenuhi syarat mengetahui semua jenis pesawat. Mereka harus mempelajari berbagai hal seperti kursi penumpang, konfigurasi kabin hingga bagian dapur.

3. Menangani penumpang meninggal
Pramugari harus bisa menanganisituasi apapun tak menutup kemungkinan ketika ada penumpang meninggal dalam penerbangan. Ini mungkin kejadian yang sangat jarang tetapi bisa saja terjadi terutama dalam kasus penumpang lanjut usia dan lemah yang ikut dalam penerbangan jarak jauh. Meski jarang tetapi pramugari harus tahu apa yang akan mereka lakukan.

4. Bisa memadamkan api
Kejadian terburuk di kabin salah satunya adalah kebakaran, bahkan api kecil bisa berubah menjadi bencana mematikan karena pesawat adalah ruang tertutup. Semua awak kabin dilatih dalam prosedur pemadaman dan penggunaan alat pemadam untuk meminimalisir kerusakan.

5. Bela diri
Terkadang ada saja penumpang yang berulah dan sulit ditangani. Bahkan beberapa diantaranya baku hantam dalam pesawat. Untuk menangani ini pramugari Singapore Airlines dilatih untuk melindungi diri dari serangan fisik dan menjaga tetap ama dengan kit di atas kapal ketika mereka tidak berhasil menangani penumpang yang berulah itu.

6. Membantu penumpang tua dan disabilitas
Penumpang tua dan dan disabilitas adalah yang paling membutuhkan bantuan dalam penerbangan. Apalagi ketika mereka harus menggunakan kursi roda. Pramugari membantu penumpang keluar dari kursi roda untuk berpindah pada kursi mereka. Bahkan memberikan kenyamanan yang dibutuhkan mereka secara spesifik.

Baca juga: Mau Jadi Awak Kabin Singapore Airlines? Cek Dulu Pelatihan dan Syarat-Syaratnya Berikut Ini!

7. Pertolongan pertama
Jika ada yang mengalami kecelakaan atau jatuh sakit di pesawat, mereka dapat memberikan bantuan lebih lanjut di lapangan. Mereka dilatih untuk menangani masalah-masalah seperti pendarahan, luka bakar atau keseleo, dan teknik penyelamatan hidup seperti Resusitasi Kardiopulmoner. Mereka juga perlu dipersiapkan untuk membantu dalam keadaan darurat medis seperti mereka yang menderita stroke dan bahkan kelahiran darurat.

Leave a Reply