Jalan-Jalan Ke Ancol Naik Kereta? Yuk Turunnya di Stasiun Ancol

0
Stasiun Ancol (republika.co.id)

Meski pada liburan Natal dan Tahun Baru kali ini, kawasan Ancol dan pusat hiburan di DKI Jakarta ditutup terkait pandemi Covid-19, namun, merencakan liburan ke Ancol tetap menjadi minat tersendiri bagi sebagian warga. Nah, untuk sampai ke Ancol, masih sedikit pelancong yang menggunakan jasa kereta api. Padahal pelancong bisa turun di Stasiun Ancol yang tak jauh dari pintu masuk taman rekreasi terbesar di utara Jakarta ini.

Baca juga: Hari Ini, 91 Tahun Lalu, Stasiun Jakarta Kota Resmi Beroperasi

Stasiun Ancol merupakan stasiun yang berada di Jalan RE Martadinata tepatnya di Pademangan Barat, Pademangan, Jakarta Utara. Stasiun ini berada di ketinggian +4 meter diatas permukaan laut. Stasiun ini termasuk dalam Daerah Operasional (Daop) 1 Jakarta.

Stasiun Ancol merupakan stasiun kereta api kelas III atau stasiun kecil yang berada di jalur kereta CommuterLine yang dioperasikan oleh PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) dengan relasi KRL Stasiun Tanjung Priok menuju ke Stasiun Kota. Stasiun Ancol memiliki empat jalur kereta tanpa memiliki sepur belok sama sekali.

Yang mana jalurnya terdiri dari jalur dwiganda dengan jalur ganda di sisi utara yang mengarah dari Jakarta Kota menuju Kampung Bandan dan jalur ganda di sisi selatan yang mengarah dari Rajawali. Dirangkum KabarPenumpang.com dari berbagai laman sumber, ke arah timur dari stasiun ini, tepatnya beberapa meter sebelum memasuki Stasiun Tanjung Priok, ada percabangan menuju ke Pasoso-Depot Pertamina Cilincing.

Sayangnya jalur yang menuju Depot Pertamina sudah ditutup sejak tahun 1990-an dan di jalur 4 Stasiun Ancol dulunya terdapat wesel menuju gardu listrik yang kini sudah dicabut. Dulunya Stasiun Ancol hanya dilintasi kereta baik KRL atau pun kereta lainnya.

Baca juga: Seutas Cerita di Balik Kelamnya Stasiun Kampung Bandan

Meski begitu saat itu belum ada KRL yang berhenti di Stasiun Ancol karena menunggu perpanjangan peron untuk mengangkut penumpang. Kemudian sejak 25 Juni 2016, PT KCJ yang kini menjadi KCI kembali mengoperasikannya untuk pelayanan penumpang.

Pembukannya Stasiun ini selain memudahkan pelancong yang menumpang kereta menuju ke Ancol juga mengurangi kepadatan di Stasiun Kota ataupun Kampung Bandan. Meski begitu stasiun ini tak terlalu banyak penumpang yang turun untuk menuju ke destinasi Ancol.

Hal terebut karena jalur menuju ke Ancol cukup menyeramkan tanpa ada jalur aman untuk pejalan kaki. Semoga saja kedepannya Pemprov DKI Jakarta memberikan kenyamanan untuk menyeberang pada penumpang kereta yang akan berlibur ke Ancol.

 

LEAVE A REPLY