Jamin Kelancaran Saat Uji Coba Gratis, PT MRT Jakarta Berlakukan Kuota Penumpang Per Hari

(New Nation)

Lewat pendaftaran online yang akan dibuka pada 5 Maret mendatang, maka mulai 12 Maret 2019, PT MRT Jakarta akan mengundang warga masyarakat untuk menjajal sensasi naik MRT Jakarta secara gratis. Meski membuka kesempatan seluas-luasnya pada warga, namun perlu diketahui bahwa PT MRT Jakarta akan memberlakukan kuota penumpang per hari. Dan besarnya kuota tidak sama tiap hari, melainkan akan meningkat secara bertahap menyesuaikan kapasitas kereta dan stasiun.

Baca juga: MRT Jakarta Siapkan Langkah Keselamatan dan Sediakan Ruang Medis

Hal tersebut dijelaskan secara rinci oleh Direktur Utama PT MRT Jakarta William P Sabandar dalam acara jumpa media hari ini (29/2/2019) di Stasiun Bunderan Hotel Indonesia. “Uji coba MRT dengan mengundang warga akan dilakukan lewat langkah-langkah yang ditentukan, seperti di masa-masa awal kuota peserta akan dibatasi,” ujar William. Ini dimaksudkan untuk mengukur dan memantau beban dari kemampuan yang ada.

Alurnya, setelah peserta berhasil mendapatkan QR code lewat email, dan membawa hard copy-nya ke stasiun, maka peserta bisa mendatangi stasiun keberangkatan yang dituju. Pada awal registrasi sudah dapat ditentukan stasiun keberangkatan yang dipilih, sementara stasiun turun bebas di mana saja.

Terkait kuota, bila jatah satu hari sudah terpenuhi, maka calon penumpang yang ingin menjajal MRT akan ditawarkan untuk memilih jadwal hari lain, begitu juga dengan pilihan stasiun keberangkatan. Meski nantinya MRT Jakarta beroperasi dari pukul 05.00 sampai 24.00 WIB, tapi saat uji coba gratis MRT Jakarta hanya melayani ‘jalan-jalan’ warga mulai pukul 08.00 sampai 16.00 WIB.

Untuk melakukan evaluasi, nantinya penumpang akan mendapatkan stiker yang telah disesuaikan dengan waktu kedatangan, seperti stiker merah untuk keberangkatan pukul 08.00 – 10.00, stiker biru pukul 10.00 – 12.00, stiker kuning pukul 12.00 – 14.00, dan stiker hijau pukul 14.00 – 16.00. Rencananya uji coba gratis naik MRT Jakarta akan berlangsung dari 12 – 24 Maret 2014.

Baca juga: Anda Mau Coba MRT Jakarta Gratis? Jangan Lupa Daftar Pada 5 Maret 2019

Dalam satu hari, dipersiapkan 98 perjalanan dengan 7 rangkaian MRT. Penumpang dapat menikmati headway atau jeda antar keberangakatan kereta dengan tenggat per 10 menit. Bagi yang penasaran dengan kuota yang diterapkan PT MRT Jakarta, simak pada tabel di bawah ini.