Jangan Kaget, Ini Bandara dengan Jumlah Runway Terbanyak di Dunia

0
Banyaknya runway memungkinkan terjadinya momen seperti gambar ini. Foto: Vincenzo Pace | Simple Flying

Qatar, Yunani, Jepang, Jerman, dan Singapura boleh saja berbangga hati atas prestasi yang diperoleh bandara kebanggaannya.

Baca juga: Inilah 6 Negara dengan Jumlah Bandara Terbanyak di Dunia, Nomor 6 dari Asia! Indonesia, kah?

Dari daftar bandara dengan tingkat pengalaman penumpang tertinggi di dunia versi AirHelp, bandara di kelima negara itu menempati posisi teratas, mulai dari Hamad International Airport (Doha), disusul Athena International Airport, Tokyo Haneda International Airport (Jepang), Cologne Bonn Airport (Jerman), dan Changi International Airport (Singapura) di posisi kelima.

Selanjutnya, dari daftar bandara tersibuk di dunia tahun 2019 menurut Airports Council International, Bandara Internasional Hartsfield-Jackson Atlanta (Amerika Serikat – 107,4 juta penumpang), Bandara Internasional Ibukota Beijing (Cina – 101 juta penumpang), Bandara Internasional Dubai (Uni Emirat Arab – 89,1 juta penumpang), Bandara Internasional Los Angeles (AS – 87,5 juta penumpang), dan Bandara Haneda Tokyo (Jepang – 87,1 juta penumpang) boleh saja berbangga diri karena bertengger di urutan teratas.

Akan tetapi, dalam urusan bandara dengan runway terbanyak, kelima bandara tersibuk di dunia tersebut masih tertinggal dibanding Bandara Internasional O’Hare Chicago, Amerika Serikat.

Mega-hub antarbenua tersebut bertengger di posisi teratas dalam daftar bandara dengan jumlah runway atau landasan pacu terbanyak di dunia dengan delapan runway yang kesemuanya bisa difungsikan secara bersamaan, tidak seperti runway ketiga Bandara Soekarno-Hatta, yang difungsikan bergantian dengan runway lainnya atau dengan kata lain hanya dua runway aktif.

Tak cukup sampai di situ, dikutip dari Simple Flying, bandara yang dikenal berangin kencang dan membuat proses pendaratan di musim tertentu menjadi lebih menantang tersebut juga memiliki helipad dalam jumlah banyak.

Dengan delapan runway aktif, bandara ini memungkinkan tiga pesawat mendarat sekaligus dalam waktu bersamaan. Tentu dengan batasan jarak yang sudah diatur FAA. Untuk memudahkan pendaratan dan lepas landas, bandara ini dilengkapi dengan tiga ATC.

Selain bandara itu, Amerika Serikat juga mempunyai bandara lain dengan jumlah runway terbanyak; Bandara Internasional Dallas-Fort Worth. Mega-hub antarbenua ini diketahui memiliki tujuh runway aktif, menjadikannya sebagai satu dari tiga bandara dengan jumlah pergerakan pesawat tahunan terbesar di dunia.

Masih di AS, di luar dua itu, ada juga bandara lain yang memiliki enam runway, yaitu Bandara Internasional Denver dan Bandara Detroit Metropolitan Wayne County.

Baca juga: Panjang Bak Macet di Ibukota, Ini Dia Deretan Runway Terpanjang di Dunia!

Eropa juga tak ketinggalan. Kendati belum sebanyak Bandara Internasional O’Hare Chicago dan Bandara Internasional Dallas-Fort Worth, paling tidak, Benua Biru memiliki wakil dalam daftar 10 bandara dengan runway terbanyak di dunia; Bandara Schipol Amsterdam.

Bandara Schiphol diketahui juga memiliki enam runway aktif yang hanya melayani satu terminal. Bisa dibayangkan bagaimana kemeriahan yang terjadi di terminal tersebut. Menariknya, bandara ini juga berada di bawah permukaan laut, loh.