Jangan Lupa Makan Pecel Kalau Mampir di Stasiun-Stasiun Ini

0
Pecel kecombrang di Stasiun Purwokerto

Siapa sih yang tak kenal dengan makanan yang berbahan dasar sayuran dan bumbu kacang tapi bukan Gado-Gado atau Karedok ya. Penasaran apa? Ya makanan ini adalah pecel. Sebagian besar dari Anda pastinya pernah makan makanan khas ini.

Baca juga: Cari Pecel Pincuk? Yuk Ke Stasiun Garahan!

Selain harganya murah, pecel bisa ditemukan diberbagai daerah. Bahkan ketika melancong dengan menggunakan kereta api beberapa stasiun di Pulau Jawa banyak terdapat penjual pecel di luar stasiunnya.

Penasaran ada pecel apa saja dan apakah ada perbedaan pecel yang satu dengan lainnya? Yuk simak pembahasan dari KabarPenumpang.com. Ternyata setelah dirangkum dan dicari dari berbagai sumber, berikut ini stasiun-stasiun yang memiliki penjual pecel di sekitarannya.

1. Pecel Pincuk
Makanan asal Madiun, Jawa Timur ini disajikan dengan daun pisang yang dibuat pincuk. Isinya ada daun pepaya, sayuran rebus, serundeng kelapa dan kacang goreng. Pecel pincuk dilengkapi dengan lauk pauk seperti tempe goreng, telur asin dan lainnya. Pecel pincuk ini bisa ditemukan di Stasiun Garahan yang dijual sekitar Rp5 ribu hingga Rp10 ribu.

2. Pecel gambrengan
Nasi pecel yang satu ini bisa ditemukan di Semarang dan sekitarnya atau tepanya di Stasiun Alas Tua, Bangetayu, Semarang, Jawa Tengah. Memiliki rasa pecel yang khas, pecel gambrengan sendiri dilengkapi dengan sayuran langka seperti bunga turi dan campuran daun pepaya serta tauge. Untuk tambahannya ada peyek iwak teri dan sayuran lainnya.

3. Nasi Pecel ala Stasiun Babat
Panganan yang satu ini, disajikan dengan nasi, campuran lontong-lontong kecil dan diberi sayuran seperti kecambah, kol, kangkung serta bayam. Untuk menambah kenikmatan, nasi akan disiram dengan bumbu kacang kental dan rempeyek sebagai pengganti kerupuk. Harganya pun relatif murah Rp6 ribu sampai Rp7 ribu dan bisa dinikmati pelancong kapan pun karena warungnya buka 24 jam.

4. Pecel Gambringan
Ini hampir sama dengan nasi pecel pada umumnya, berbahan dasar sayuran namun ditemani peyek kacang ukuran besar. Dulunya cara menjualnya hampir mirip dengan pecel pincuk yang di dalam stasiun. Namun kini hanya dijual di luar Stasiun Gambringan.

Baca juga: “Nopia.. Nopia..,” Oleh-oleh Khas Tak Terlupakan dari Stasiun Purwokerto

5. Pecel Combrang
Di Stasiun Kroya ada pecel yang dijual seharga Rp3 ribu sampai Rp5 ribu. Pecel ini menggunakan lontong, medoan dan bakwan untuk tambahannya. Selain sayuran, pecel ini ditambahkan dengan kembang turi dan bunga combrang atau kecombrang. Tak hanya di Kroya, di Stasiun Purwokerto juga ada pecel kecombrang ini.

Nah, jadi kalau mampir di stasiun-stasiun ini, Anda bisa langsung mencoba sendiri pecel sayuran dengan berbagai macam tambahan di masing-masing daerah ya.

Leave a Reply