Jangan Panik Saat Berlibur Kartu Kredit Hilang, Ikuti Langkah Aman Ini

0

Kartu kredit bisa menjadi alat pembayaran yang paling aman saat bepergian. Namun, terkadang tak terpikirkan bahwa kartu kredit yang Anda bawa bisa saja terselip atau hilang karena di curi orang.

KabarPenumpang.com merangkum dari laman cibc.com, ada lima langkah jika kartu kredit Anda hilang atau dicuri. Berikut lima langkah tersebut.

Baca juga: Nah Ini! Trik Unik Buat Cari Tiket Pesawat Murah

1. Ingat terakhir kapan menggunakan
Sebelum panik, ingat dulu kapan terakhir Anda menggunakan kartu kredit tersebut. Buat rinciannya, kalau bisa perkirakan jam terakhir penggunaannya. Jika tidak yakin coba ingat dan konfirmasi ke tempat Anda merasa kartu kredit tersebut hilang. Biasanya setiap bank yang mengeluarkan aplikasi mobile banking, Anda bisa mengeceknya pada mobile banking tersebut.

2. Lapor kehilangan pada bank yang mengeluarkan kartu kredit
Jika Anda kehilangan dompet dan didalamnya juga terdapat kartu kredit, lapor pada pihak bank yang mengeluarkan kartu kredit. Jangan ditunda dan lakukan sesegera mungkin. Minta bantuan untuk menolak segala transaksi atau bisa dikatakan meminta untuk di blokir. Biasanya bank akan bertanya tentang informasi pemegang kartu kredit, jangan salah jawab dan pastikan apakah terjadi transaksi saat kartu kredit Anda hilang.

3. Lapor polisi
Saat Anda tiba dari liburan, bisa langsung melapor ke kantor polisi. Ini guna untuk mendapat surat bukti kehilangan kartu kredit. Sebab biasanya bank akan meminta surat kehilangan sebelum mengganti kartu kredit Anda.

Baca juga: 13 Tips Perjalanan Luar Negeri dengan Ransel

4. Tutup kartu kredit lama
Minta pihak bank untuk menutup kartu kredit lama Anda yang hilang. Tujuannya adalah mencegah transaksi yang tidak di inginkan pada kartu kredit tersebut. Jika memiliki akun PayPal, hapus akun dan buat yang baru dengan informasi kartu kredit baru yang telah dimiliki. Ini berguna untuk mencegah transaksi baik penagihan atau pemasukan yang datang ke nomor kartu kredit lama.

5. Minta kartu kredit baru
Setelah kartu kredit lama Anda di tutup, minta ke bank untuk menerbitkan kartu kredit baru jika masih ingin menggunakan kartu kredit. Biasanya akan ada pengulangan verifikasi data pribadi Anda sebelum membuat yang baru. Perhatikan dokumen apa saja yaang harus di serahkan untuk memperlancar prosesnya.

Leave a Reply