Jaringan 4G Padam, Pengguna Transportasi di London Kalang Kabut

Ilustrasi bus London (wired.co.uk)

Integrasi transportasi dengan dukungan teknologi digital tak bisa dilepaskan dari keberadaan akses internet. Dari mulai aplikasi pemantau perjalanan moda, hingga model kendaraan kendali otonom, pada prinsipnya terkait dengan jaringan internet nirkabel sebagai ujung tombak komunikasi suara dan data. Namun apa jadinya, bila warga kota yang sudah kadung terbiasa dan menikmati ‘surga’ akses internet untuk transportasi, dan tiba-tiba kehilangan akses tersebut?

Baca juga: Frustasi, Warga London Setiap Hari Habiskan Waktu Rata-Rata 74 Menit di Kereta Komuter

Kejadian tersebut belum lama ini dialami oleh warga London, Inggris. Persisnya pada 5 Desember 2018, jaringan 4G mobile broadband milik operator seluler O2 mengalami down di sebagian besar wilayah. Buntutnya ada sekitar 32 juta pelanggan ponsel (telepon selular) di seantero Britania Raya yang tak bias mengakses layanan internet selama hampir seharian penuh.

Bukan itu saja, O2 selama ini menjadi operator induk dari operator selular lain yang menyewa jasa jaringan (Mobile Virtual Network Operators) – GiffGaff and Tesco Mobile, sontak kedua operator pelanggan O2 ini juga kehilangan akses kepada pelanggannya.

Dikutip dari independent.co.uk (6/12), banyak pengguna layanan transportasi yang marah dan dirugikan akibat down-nya akses internet 02. Transport for London (TfL) yang dikenal handal dan akurat berkat akses live timetables di aplikasi ponsel, mendadak tak bisa digunakan, imbasnya pengguna jasa bus di London tak bisa mengetahui jadwal kedatangan bus secara presisi. Akibat putusnya koneksi intenet, modem 4G pada bus tak bias mengirimkan data posisi realtime kepada pusat kendali.

Pihak TfL menjelaskan, meski pengguna jasa tak bisa memantai keberadaan bus, namun pada faktanya layanan dan jadwal tiba dan pemberangkatan bus berjalan seperti biasa. Juru bicara TfL menghimbau, warga untuk memantau jadwal kedatangan bus lewat countdown screen yang tersedia di setiap halte. Meski tidak presisi, namun countdown screen dapat member panduan perjalanan saat keadaan darurat.

Baca juga: Transport of London Inginkan Perusahaan Taksi Berbagi Data Untuk Keselamatan Penumpang

Beberapa sumber menyebut penyebab down mobile broadband pada 5 Desember disebabkan oleh perangkat di jaringan inti yang dipasok oleh Ericsson. Selain O2, operator selular yang cukup besar di Inggris adalah Three (Tri).