Jauh Sebelum Motobus, Ternyata Sudah Ada Jasa Kirim Motor via Bus AKAP!

Sumber: dolanotomotif.com

Setelah sejumlah kalangan dibuat sedikit kecewa dengan ketidakjelasan PT Motobus Trans Nusantara dalam menghadirkan layanan bus yang dapat mengangkut sepeda motor, ternyata selama ini kita seolah lupa dengan layanan serupa yang sudah eksis. Layanan angkut mengangkut sepeda motor ini pun disediakan oleh salah satu PO kawakan yang namanya sudah harum seantero Jawa. Ya, PO Harapan Jaya!

Baca Juga: Layanan Bus Angkut Motor ini Akan Hadir di Indonesia Bulan Depan!

Seperti yang diwartakan KabarPenumpang.com dari berbagai laman sumber, bus pengangkut sepeda motor ini menggunakan chassis dan mesin rakitan Scania, salah satu manufaktur raksasa asal Swedia, dan karoseri kawakan asal kota Malang, Tentrem. Kolaborasi kedua perusahaan beda negara ini menghasilkan sebuah bus Super High Deck (SHD) yang memiliki ruang bagasi super besar. Saking besarnya, bagasi dari bus yang menggunakan chassis dan mesin Scania K360iB opticruise ini mampu mengangkut motor dalam posisi tegak!

Dilihat dari penampakan luarnya, lekuk garis body dari bus ini menonjolkan sifat aerodinamis, ditambah  dengan desain livery yang simpel semakin menggambarkan kemegahan dari bus ini. Dihimpun dari sumber lain, bus bertenaga 360HP ini dinilai sangat cocok dipergunakan oleh bus-bus dengan jarak tempuh yang jauh, semisal untuk AKAP (Antar Kota Antar Provinsi) atau bus pariwisata.

Sumber: poharapanjaya.com

Di Indonesia sendiri nama Scania sudah mulai terkenal dan dinilai mampu untuk bersaing dengan bus lain, bahkan sekelas Mercedes Benz sekali pun yang sudah lama bermain di kelas bus dan juga truk. Dengan segala kelebihan dan keandalan mesinnya, tidak heran jika Scania kini tengah menjadi incaran kebanyakan PO, karena memang menawarkan kualitas mesin yang dapat di andalkan, ekonomis, handal dan pastinya hemat bahan bakar yang akan secara langsung berpengaruh terhadap biaya operasional yang rendah bagi pengusaha transportasi.

Baca Juga: Perjalanan Perdana Meleset dari Target, Ini Dia Penampakan Interior MotoBus

Kembali ke topik pembahasan awal, PO Harapan Jaya melayani jasa angkut motor menggunakan bus dengan trayek Jakarta – Tulung Agung via Solo. Melalui wawancara singkat dengan pihak PO Harapan Jaya, harga yang ditawarkan untuk motor di atas 150CC adalah Rp495.000, sedangkan untuk motor di bawah 150CC berada di harga Rp395.000.

Pemberangkatan dari Jakarta dapat dilakukan dari empat titik, yaitu Grogol, Bekasi, Pasar Rebo, dan Ciputat. Setiap harinya, layanan ini hanya melakukan pemberangkatan sekali, yaitu pada pukul 12.00 WIB. Bagaimana? Apa Anda tertarik untuk mencoba mengirimkan motor menggunakan bus seperti yang disediakan oleh PO Harapan Jaya?