Jelang Asian Games 2018, LRT Palembang Mulai Uji Coba Maret Mendatang

Pengerjaan LRT Palembang hampir rampung

Proyek pengerjaan kereta api ringan atau Light Rapid Transit (LRT) Palembang hampir rampung yakni pengerjaannya sudah mencapai 80 persen. Progres saat ini fokus pada tahap pemasangan bantalan rel dan penyelesaian stasiun serta diharapkan uji coba pada Maret 2018 mendatang.

Baca juga: Jelang Asian Games 2018, Palembang Datangkan LRT Produksi PT INKA

“Sebelum dioperasikan pada Asian Games XVIII di Palembang 18 Agustus 2018 mendatang, kereta ini akan dilakukan uji coba terlebih dahulu. Mudah-mudahan pada Maret 2018 akan mulai uji coba sebagai sarana transpormasi massal tersebut,” kata Afrian yang dikutip KabarPenumpang.com dari berbagai laman sumber (6/2/2018).

Hal ini dikarenakan pengerjaan LRT tersebut sesuai dengan tahapan dan tidak mengalami hambatan yang berarti. Nantinya, setelah resmi beroperasi LRT ini diyakini mampu mengurangi kemacetan lalu lintas dan tarif yang dikenakan juga bersubsidi. “Kemungkinan besarannya sekitar Rp5.000 karena masih disubsidi,” ujarnya.

Dengan adanya LRT ini, setiap angkutan massal lainnya juga akan terintegrasi seperti bus Transmusi. Tak hanya itu, LRT Palembang ini juga akan menghubungkan Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II dengan komplek olahraga Jakabaring.

Saat ini ada 13 stasiun dalam proyek LRT Palembang yakni Stasiun Sultan Mahmud Badaruddin II, Stasiun Asrama Haji, Stasiun Telkom, Stasiun RSUD, Stasiun Polda, Stasiun Demang Lebar Daun, Stasiun Palembang Icon, Stasiun Besar/Kominfo, Stasiun Pasar Cinde, Stasiun Jembatan Ampera, Stasiun Polresta, Stasiun Stadion Jakabaring dan Stasiun OPI.

Namun, pihak PT Waskita Karya mengatakan pada pelaksanaan Asian Games mendatang hanya akan mengoperasikan lima dari 13 stasiun. Sebab delapan stasiun lainnya masih dalam pengerjaan.

Pada Agustus 2018 mendatang lima stasiun yang beroperasi perdana di Asian Games yakni stasiun Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, stasiun Palembang Icon Mal, stasiun Pasar Cinde, stasiun Stadion Jakabaring dan stasiun OPI Mal. Diketahui, kereta untuk LRT Palembang ini disiapkan oleh pihak PT KAI dan PT INKA.

Baca juga: Kejar Asian Games 2018, Proyek Palembang LRT Telah Mencapai 40 Persen

Waskita sendiri mulai membangun proyek LRT Palembang sejak Oktober 2015 lalu. Jalur LRT Palembang memiliki panjang 23,40 km yang membentang dari Bandara Sultan Mahmud Badarudin II di Kota Palembang sampai Kawasan Ogan Permata Indah (OPI) di Kabupaten Banyuasin hingga melintas di atas Sungai Musi.