Jelang Libur Panjang, PT KAI Siapkan 11 KA Tambahan dan Penjualan Melonjak 90 Persen

Libur panjang Pemilu dan peringatan Wafat Isa Almasih yang jatuh pada Jumat (19/4/2019) banyak dimanfaatkan oleh masyarakat untuk berlibur keluar kota. Sebagai salah satu moda transportasi pilihan masyarakat, kereta api mengalami peningkatan jumlah penumpang di libur panjang akhir pekan ini.

Baca juga: Mulai 12 April, PT KAI Mulai Operasikan Switch Over Rel Dwi Ganda Jatinegara-Cakung

Hal ini membuat PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daop) I Jakarta mengoperasikan 11 kereta api tambahan. Kepala Humas Daop 1 Eva Chairunisa mengatakan per harinya pihak KAI menambahkan maksimal 5512 kursi untuk peningkatan jumlah penumpang.

“Ada 11 KA tambahan yang kami operasikan, delapan KA berangkat dari Stasiun Gambir dan tiga KA diberangkatkan dari Stasiun Pasarsenen dengan tujuan Bandung, Cirebon, Kutoarjo, Yogyakarta dan Solo. KA tambahan beroperasi mulai dari 15 hingga 21 April 2019,” ujar Eva melalui keterangan tertulis yang diterima KabarPenumpang.com, Selasa (16/4/2019).

Eva mengatakan, untuk KA reguler, per harinya telah disediakan total 34.804 seat, dari 58 KA keberangkatan baik dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen. Ada 32 KA keberangkatan dari Stasiun Gambir dengan 15.286 seat yang disediakan. Sedangkan dari Stasiun Pasarsenen ada 26 KA dengan 19.518 seat yang disediakan.

Tak hanya liburan panjang memperingati Wafatnya Isa Almasih, jelang Libur Nasional 17 April 2019 besok, penjualan tiket kereta api untuk perjalanan KA jarak jauh dari stasiun di Daop I terus mengalami peningkatan. Eva mengatakan, untuk H-1 tiket yang terjual mencapai 90 persen dari ketersediaan tempat duduk yang ada.

“Peningkatan penjualan dari Stasiun Gambir dengan keberangkatan 16 April 2019 mencapai 96 persen, sedangkan pada 17 April mencapai 83 persen. Untuk keberangkatan dari Stasiun Pasarsenen sendiri tiket yang terjual sebesar 93 persen dan 17 April 95 persen,” kata Eva.

Tingkat keterisian tempat duduk di kedua stasiun mulai antara tanggal 15-21 April mencapai 76 persen, dimana pada tanggal 16-18 April sudah melebihi 90 persen. Sementara untuk tanggal 19 April tersisa sekitar 20 persen dari total tempat duduk yang disediakan.

Baca juga: KRL Kerap Jadi Korban Sambaran Petir, Dirut PT KAI Minta Solusi dari Ahli Petir ITB

Dia mengatakan, jumlah tiket yang terjual ini terus bertambah seiring dengan ketersediaan kursi yang ada dan pembelian sendiri masih bisa dilakukan hingga menjelang keberangkatan penumpang. Tiket juga tersedia di loket dengan pembelian 30 menit sebelum keberangkatan selama masih tersedia. Selain itu penumpang bisa melakukan pembelian melalui website, aplikasi KAI Access dan agen penjualan tiket lainnya.