Jembatan Ciherang, Lintasan Melengkung dan Spot Foto Favorit Para Railfans

0
Jembatan Ciherang. Sumber: adrasablog

Kalau pada umumnya jembatan kereta api itu memiliki bentuk yang lurus-lurus saja – terlepas jembatan tersebut ada di ketinggian berapa, namun satu yang perlu Anda ketahui bahwa Indonesia punya satu jembatan kereta yang bentuknya melengkung. Bagi Anda yang belum tahu, jembatan unik ini adalah Jembatan Ciherang. Terletak di Cihaurkuning, Malangbong, Kabupaten Garut, Jembatan Ciherang ini masih aktif digunakan hingga saat ini.

Baca Juga: Cikubang, Jembatan Kereta Terpanjang di Indonesia

Sebagaimana yang dirangkum KabarPenumpang.com dari berbagai laman sumber, Jembatan Ciherang merupakan salah satu spot favorit bagi para Railfans (julukan untuk para pecinta kereta api) untuk menikmati lekukan si ular besi atau bahkan mengabadikan momen tersebut. Kendati panjangnya tidak mencapai panjang Jembatan Cikubang (300m), namun Jembatan Ciherang tetap memesona setiap railfans dengan daya tariknya tersendiri – lengkungan di tengah jembatannya.

Sumber: hayutravelling.blogspot.com

Ketika sore menjelang, ada banyak anak kecil yang mendatangi jembatan untuk hanya sekedar melihat kereta arah Jawa melintas. Kendati cukup berbahaya, namun aktifitas seperti ini sangatlah menyenangkan bagi anak-anak yang tinggal di sekitaran sana. Jembatan Ciherang sendiri terletak di antara Stasiun Bumiwaluya dan Stasiun Cipeundeuy dan sudah eksis sejak jaman penjajahan Belanda silam.

Sumber: flickr

Ciri khas yang ditinggalkan Belanda pada jembatan ini adalah pilar beton yang digunakan untuk menyangga rel. Memang, di luar sana ada beberapa jembatan kereta yang juga memiliki ‘tikungan’, namun percayalah, itu tidak se-ekstrem Jembatan Ciherang. Nuansa ngeri bercampur takjub akan timbul mengingat bagian kiri dan kanan jembatan ini adalah jurang yang cukup dalam. Dijamin, bikin mulut Anda komat-kamit baca doa ketika melintas.

Baca Juga: Cisomang, Serba-Serbi Jembatan Kereta Tertinggi di Indonesia

Bagi Anda yang penasaran ingin menyambangi jembatan peninggalan Belanda ini, aksesnya tidak terlalu sulit – apalagi jika Anda menggunakan sepeda motor. Dari Jalan Raya Bandrek/Malangbong, ambil arah menuju Desa Cihaurkuning dan ikuti saja jalan yang ada. Disarankan untuk mulai bertanya kepada warga sekitar tentang Jembatan Ciherang. Pastikan baterai ponsel atau kamera Anda dalam keadaan penuh, karena akan ada banyak sekali momen menakjubkan yang dapat Anda abadikan di Jembatan Ciherang!

Leave a Reply