Jembatan Tinggi Silaiang, Eksis Dilintasi Kereta Sejak 1818 Hingga Kini

0
Jembatan Tinggi Slaiang masa kini yang masih berdiri kokoh

Selain jembatan Cisomang, jembatan Cikubang dan jembatan Cirahong di Jawa Barat, masih ada beberapa jembatan kereta api di Tanah Air yang punya sejarah panjang dan tergolong fenomenal, lantaran dibangun sejak jaman kolonial Belanda dan hingga kini masih digunakan. Dan bergeser ke Provinsi Sumatera Barat, juga ada jembatan kereta yang layak menyandang gelar fenomenal, yakni jembatan Tinggi Silaiang, yang terlihat masih kokoh dan terkesan ‘perkasa’ pilar-pilar besinya jika dilihat langsung.

Baca juga: Cisomang, Serba-Serbi Jembatan Kereta Tertinggi di Indonesia

Jembatan Tinggi Silaiang berada di Kelurahan Silaing Bawah, Kecamatan Padang Panjang Barat. Tiang jembatan ini sendiri memiliki tinggi sekitar 20 meter dan dibangun pada masa kolonial Hindia Belanda tahun 1818. KabarPenumpang.com merangkum dari beberapa laman sumber, bahwa jembatan single track ini memiliki bentuk yang unik dimana desainnya melengkung ke bawah dengan rupa setengah lingkaran. Dikatakan unik, karena bentuk jembatan kereta seperti ini hanya ada satu-satunya di Indonesia.

Jembatan Tinggi Silaiang tempo dulu

Jembatan yang masih kokoh ini walaupun peninggalan jaman Belanda, sebenarnya dibangun untuk menjadi penghubung jalur kereta api di perbukitan. Hal tersebut dikarenakan, Sumatera Barat dikelilingi perbukitan dan masuk dalam jajaran bukit barisan yang ada di kota Padang Panjang.

Tak hanya melalui kereta api, jalur Padang Panjang-Padang juga bisa melalui jalan raya yang letaknya tepat dibawah jembatan Silaiang tersebut. Selain itu, di bawah jembatan ini juga dialiri sungai Batang Anai yang bisa dicapai dengan menggunakan kendaraan umum seperti becak motor, ojek, taksi, angkutan kota atau angkot hingga kendaraan tradisional delman atau biasa disebut bendi oleh masyarakat sekitar.

Baca juga: Cirahong, Jembatan Double Deck Satu-Satunya di Indonesia

Bukan hanya sebagai jalur lalu lintas kereta, jembatan Tinggi Silaiang sendiri bisa menjadi objek wisata yang murah meriah. Sebab, Anda tak perlu membayar untuk menikmatinya, apalagi sekitaran jembatan ini adalah pemandangan alam yang indah dan juga udara masih segar sehingga cocok untuk bersantai. Bagi penikmat fotografi, jembatan tua yang kokoh ini pun sebagai satu objek foto dengan alam indah sebagai pemanisnya.

Leave a Reply