Jepang Kekurangan Tenaga Kerja, Robot Ugo Hadir Saat Ancaman Corona Berlanjut

0
Robot Ugo (gulfnews.com)

Robot Ugo yang dikembangkan oleh Mira Robotics digadang-gadang hadir untuk memperkuat tenaga kerja Jepang yang semakin sedikit, apalagi jika ancaman virus corona berlanjut. CEO Mira Robotics mengatakan, menawarkan mesinnya sebagai alat dalam perang melawan wabah.

Baca juga: Minimalisir Tenaga Manusia, Jepang Mulai Kembangkan Puluhan Robot di Stasiun

“Virus corona telah menciptakan kebutuhan akan robot karena mereka dapat mengurangi kontak langsung antara manusia,” kata Ken Matsui CEO Mira Robotics yang dikutip KabarPenumpang.com dari laman gulfnews.com (9/6/2020).

Dia menambahkan pihaknya sudah mendapatkan pernyataan dari luar negeri termasuk dari Singapura dan Perancis. Ken menyebutkan fitur terbaru dari robot avatar yang dikendalikan dari jarak jauh atau yang disebut dengan remote control merupakan lampiran tangan yang menggunakan sinar ultraviolet untuk membunuh virus pada gagang pintu.

Ken mengatakan, pandemi virus corona ini membuat penurunan populasi yang belum pernah terjadi sebelumnya. Pandemi ini menyusutkan tenaga kerja Jepang lebih dari setengah juta orang per tahun serta keengganan untuk membawa tenaga kerja asing agar mengisi posisi kosong telah memacu perkembangan robot di Jepang.

Dia menambahkan, adanya permintaan terkait virus corona dapat memajukan pekerjaan tersebut. Diketahui, Mira Robotics Ugo adalah sepasang lengan robot yang dapat disesuaikan tingginya dan terpasang pada roda. Robot ini dioperasikan dari jarak jauh melalui koneksi nirkabel dengan laptop dan pengontrol mainan.

Pada robot ini sebuah laser pengukur jarak yang dipasang di pangkalan membantu navigasi sedangkan panel di bagian atas menampilkan mata untuk memberikan penampilan yang lebih ramah. Untuk mempelajari cara menggunakan robot ini, Ken mengatakan membutuhkan waktu sekitar 30 menit dengan setiap operator mengendalikan sebanyak empat mesin.

Baca juga: Enam Jenis Robot Beroperasi di Stasiun Gateway Takanawa

Robot ugo ini disewakan per bulan dengan harga $1000 dan dapat dijadikan sebagai penjaga keamanan, melakukan inspeksi peralatan dan membersihkan toilet serta area lain di gedung-gedung perkantoran. Saat ini diketahui, Mira Robotics memiliki satu robot ugo yang beroperasi di gedung perkantoran di Tokyo.

Leave a Reply