Jewel E, Bus Tingkat yang Gunakan Tenaga Listrik Sepenuhnya

0
Jewel E All-Electric Double Decker Bus. Foto: motor1.com

Bus tingkat dengan menggunakan motor listrik dan paket baterai akan mengubah lebih dari sekedar kendaraan penumpang. Hadirnya teknologi ini pun menjadi keuntungan bagi kendaraan komersial dengan banyak sektor yang mengekplorasi atau mulai mengadopsi propulsi baru.

Baca juga: Bus Listrik Besutan Turki Akan Melayani Jerman

KabarPenumpang.com melansir dari motor1.com, bus tingkat listrik ini akan sepenuhnya menggunakan listrik dan mulai menetapkan rute, waktu pengisian ulang terjadwal dan logistik yang baik sehingga dapat menghilangkan transit perkotaan yang ketat. Salah satu penawaran yang sedang dikembangkan untuk ini adalah Jewel E.

Jewel E ini berasal dari Equipmake yang berbasis di Norwich, Inggris. Yang mana perusahaan ini memiliki spesialisasi elektrifikasi kendaraan komersial yang membangun Jewel E dalam kemitraan dengan Beulas, Coachbuilder Spanyol.

Jewel E ini mengemas Zero Emission Frivetrain Equipmake yang dapat beradaptasi agar sesuai dengan ukuran bus yang berbeda. Di mana powetrain dapat menghasilkan hingga 536 bhp (400 KW) dan torsi yang menakjubkan, meskipun diperlukan, 3.500 Newton-meter (2.581 pon-kaki).

Motor HTM 3500 dapat dipasangkan dengan paket baterai lithium-ion yang dapat mencapai 543 kilowatt-jam. Sedangkan baterai dan torsi memberikan jarak tempuh hingga 250 mil (402 km), yang seharusnya cukup untuk jadwal bus sehari-hari.

Equipmake mengatakan Jewel E juga merupakan bus listrik pertama yang memenuhi standar keselamatan bus Transportasi untuk London yang akan ditetapkan pada tahun 2024. Tidak hanya itu, berarti bus tersebut dirancang untuk sistem layanan bus London yang melelahkan, tetapi juga telah meningkatkan keselamatan fitur.

Bus tersebut diperkirakan akan memulai pengujian sebelum akhir tahun. Jalur dalam layanan diharapkan akan dimulai pada kuartal pertama tahun depan, dengan rencana produksi dan penjualan akan dimulai pada 2022 juga.

Baca juga: Incar Efisiensi Daya Angkut dan Ramah Lingkungan, Los Angeles Adopsi Bus Tingkat Bertenaga Listrik

Inggris menginginkan setidaknya 4.000 lebih bus tanpa emisi buatan Inggris di negara ini pada tahun 2024. Bus adalah kendaraan yang sempurna untuk elektrifikasi karena penggunaannya yang teratur dan jarak mengemudi yang pendek, dan waktu pengisian ulang tidak terlalu menjadi perhatian ketika bus diparkir semalaman.