Bus Listrik Besutan Turki Akan Melayani Jerman

0
Karsan memenangkan tender untuk bus listrik di Weilheim, Jerman (dailysabah.com)

Kemajuan teknologi, membuat semua negara di dunia mulai mengubah penggunaan kendaraan mereka dari berbahan bakar minyak menjadi energi terbarukan, hidrogen hingga listrik. Salah satu perusahaan kendaraan Turki belum lama ini mengonfirmasi dalam sebuah pertnyataan pada hari Sabtu (11/6/2021) kemarin, mereka telah memenangkan sebuah tender untuk membangun bus listrik yang akan melayani di Jerman.

Baca juga: Roma Bakal Terima 100 Bus Listrik Hibrida Citaro dari Mercedes-Benz

KabarPenumpang.com melansir laman dailysabah.com (13/6/2021), perusahaan bernama Karsan ini berada di provinsi Burs, barat laut Turki dan menawarkan solusi transportasi yang sesuai dengan kebutuhan mobilitas zaman. Solusi tersebut ialah bus listrik yang akan digunakan sebagai bagian dari jaringan transportasi umum di Weilheim, Jerman.

Lolosnya Karsan karena mengajukan penawaran paling sesuai tender yang diadakan untuk menyediakan transportasi umum kota dengan kendaraan yang lebih modern, ramah lingkungan serta ramah pengguna. Setelah lolos, Karsan kemudian menandatangani kontrak melalui dealer di Jerman yakni Quantron AG.

Hingga saat ini Karsan sudah hadir di 30 kota Eropa dengan hampir 200 kendaraan listrik. Untuk kendaraan listrik yang akan digunakan di kota Jerman, itu juga memenuhi standar tender yang diminta untuk penyimpanan dan pengisian, dengan persyaratan jangkauan harian setidaknya 250 kilometer (155 mil) per bus.

Untuk diketahui, Karsan akan mengirimkan lima bus listrik Atak Electric ke kota pada kuartal terakhir tahun ini. Tender dilakukan dalam lingkup “Konsep Bus Kota 2022” Kota Weilheim, yang bertujuan untuk mengganti kendaraan diesel kota dengan yang ramah lingkungan dan listrik.

Karsan akan mengirimkan bus listrik Atak Electric 2022, lima persen ke kota pada kuartal terakhir tahun ini, mengikuti tender, yang diadakan dalam lingkup karya “XNUMX City Bus Concept” Kota Weilheim, dalam lingkup diesel kota kendaraan transportasi untuk diganti dengan yang ramah lingkungan dan listrik.

Atak Electric, yang memiliki garis desain dinamis, menarik perhatian dengan lampu LED daytime running-nya. Motor listrik yang beroperasi di Atak Electric dengan tenaga 230 kW menghasilkan torsi 2.400 Nm, memberikan pengalaman berkendara performa tinggi bagi penggunanya.

Dengan total kapasitas 220 kWh dengan lima baterai 44 kWh yang dikembangkan oleh BMW, Atak Electric di kelas delapan meter (26 kaki) dapat diisi dalam lima jam dengan unit pengisian arus bolak-balik dan dalam tiga jam dengan unit pengisian cepat, sementara tetap di depan para pesaingnya dengan jangkauan 300 km.

Baca juga: VinBus, Inilah Model Bus Listrik Modern Produksi Vietnam

Selain itu, berkat sistem pengereman regeneratif yang menyediakan pemulihan energi, baterai dapat mengisi daya sendiri hingga 25 persen selama pengoperasian. Model yang menawarkan kapasitas penumpang 52 orang ini memiliki dua pilihan penempatan kursi yang berbeda, lipat 18+4 dan 21+4.