Jijik! Ini Alasan Mengapa Penumpang Pesawat Harus Mengindari Makanan Langsung Di Atas Baki

0
Ilustrasi makanan di atas baki. Foto: express.co.uk

Pesawat dikenal tidak selalu menjadi tempat terbersih. Banyak hal yang mesti diperhatikan ketika seseorang bepergian dengannya. Salah satunya cara pesawat dibersihkan dari penerbangan satu ke penerbangan lainnya.

Baca juga: Sebelum Seperti Sekarang, Dulu Toilet Pesawat Gunakan Ember untuk Tampung Limbah Penumpang

Belum lama ini, seperti diwartakan KabarPenumpang.com dari laman express.co.uk, Selasa, (18/2), seorang pengguna Reddit (situs web hiburan dan juga berita) membeberkan hal-hal yang menjijikan namun telah lama dilakukan oleh maskapai-maskapai pada umumnya.

Dalam curhatannya, pengguna Reddit yang juga mantan penata rambut awak kabin tersebut, mengungkapkan bahwa banyak orang yang mengira bahwa toilet menempati urutan pertama sebagai tempat terkotor di pesawat. Namun, tidak ada yang mengira, bahwa tempat terkotor selanjutnya adalah baki dan meja nampan (seatback).

Akun anonim tersebut kemudian menjelelaskan bagaimana pesawat dibersihkan. Maskapai pada umumnya memiliki jadwal yang padat dengan memaksimalkan setiap armadanya hingga tingkat tertinggi. Akibatnya, awak kabin dituntut untuk membersihkan pesawat sesegera mungkin dan sebersih mungkin agar pesawat bisa digunakan ke penerbangan selanjutnya. Padahal, cepat dan bersih mungkin saja tak selalu berjalan beriringan.

Dari situlah kemudian awak kabin hanya dibekali cairan anti bakteri untuk membersihkan seluruh sudut-sudut kabin. Namun, bukan hanya kabin, melainkan juga menyeka seluruh baki dan meja kecil (seatback). Tentu saja cairan tersebut sangat tidak ramah untuk menaruh makanan langsung tanpa alas. Bila di lain kesempatan Anda mengalami hal tersebut, (makanan yang langsung diletakan di atas baki tanpa alas) pastikan Anda menolaknya.

“Jangan, dalam situasi apa pun meletakkan makanan Anda langsung di nampan makanan. Semprotan itu juga digunakan untuk menyeka meja kecil. Sekali lagi, itu sangat encer dan mungkin tidak benar-benar “membersihkan” meja sebagaimana mestinya,” tulis akun anonim tersebut.

Imbauan tersebut pun juga didukung oleh pengguna Reddit lainnya. Dalam tulisannya, akun anonim tersebut mengaku memupunyai istri yang berprofesi sebagai pramugari. “Jangan makan-makanan yang dijatuhkan di atas meja ataupun baki, mereka tidak pernah dibersihkan,” jelasnya.

Kesaksian dari dua pengguna Reddit itu pun juga didukung oleh hasil penelitian. Para ahli yang tergabung dalam CBA News Marketplace belakangan telah menemukan bahwa tempat paling kotor di dalam kabin pesawat faktanya memang tidak dapat diselesaikan secepat kilat.

Dalam penyelidikan untuk mencari tahu di mana bagian paling kotor dari pesawat itu, serta beberapa barang paling jahat yang ditemukan di atas pesawat, mereka menemukan bahwa headrest-lah yang paling banyak mengandung kuman dan bakteri.

Baca juga: Inilah GermFalcon, Robot Pembasmi Virus Corona di Kabin Pesawat dengan Teknologi UV

Setelah menyisir 100 area kabin pesawat di 18 penerbangan jarak pendek, sandaran kepala ditemukan mengandung bakteri hemolitik dan E.coli, serta memiliki jumlah aerobik tertinggi. Hal tersebut kemudian diikuti oleh saku kursi, pegangan kamar mandi, meja nampan, baki, dan kemudian sabuk pengaman.

Salah satu ahli yang memimpin penyelidikan tersebut (ahli mikrobiologi), Keith Warriner, mengatakan ia cukup puas dengan hasil yang didapat. Hal ini sebetulnya bisa saja memprihatinkan bagi penumpang, namun, di sisi lain, temuan tersebut justru dapat meningkatkan kewaspadaan penumpang untuk senantiasa menjaga kebersihan secara optimal. Caranya, yakni selalu mencuci tangan dengan sabun dan air. Bila perlu, membawa sanitiser tangan sekedar berjaga-jaga bila kesulitan mengakses air bersih untuk mencuci tangan.

Leave a Reply