Joanna Chiu: Kepala Biro Surat Kabar yang Sukses Hentikan Pelecehan Seksual di kabin

Joanna Chui

Ketika terbang di malam hari, memang tidur sangatlah nikmat untuk melepaskan kelelahan seharian. Namun bagaimana bila saat akan tidur tetapi penumpang dibelakang Anda seperti akan melakukan tindakan tidak pantas dan membuat terjaga karenanya?

Baca juga: Pelecehan Seksual, Pramugari Dipaksa ‘Nyebokin’ Penumpang

Hal ini dirasakan seorang kepala biro surat kabar The Star Vancouver an Toronto Star, Joanna Chiu. Dia memulai ceritanya tentang tindakan mengerikan dan menjadi viral karena dibagikan melalui Twitter.

Dilansir KabarPenumpang.com dari laman independent.co.uk, Chiu saat itu berbagi cerita tentang seorang gadis dilecehkan seorang penumpang pria yang duduk disebelahnya dalam penerbangan.

“Saya naik pesawat dari persinggahan malam hari dan sangat lelah dan harus tidur sendiri tetapi tidak bisa menghindari apa yang terjadi di barisan belakang saya,” tulis Chiu dalam akun Twitter miliknya.

Dia menulis lagi, seorang pria dengan umur di akhir 30-an jelas senang duduk di sebelah seorang remaja yang terpisah dari anggota keluarga lainnya. Pria tersebut mulai bertanya-tanya tentang rencana karir remaja tersebut.

“Pria itu tertawa dan memberikan nasihat konyolnya saat remaja itu berkata dia ingin menjadi CEO,” tulisnya lagi.

Gadis itu ramah kepada orang asing yang banyak bicara, tetapi Chiu merasa ada sesuatu yang menyeramkan ke tingkat baru dengan godaan dan mengajaknya makan malam beberapa kali yang diabaikan remaja perempuan itu.

“Pada titik ini aku harus tetap terjaga kalalu-kalau ada yang lebih jauh dari itu,” ujar Chiu.

Yang ditakutkan Chiu pun terjadi, dimana pria itu meminta foto sambil mencondongkan tubuh ke arah remaja wanita tersebut.

“Aku berbalik dan membisikkan amarah persis apa yang aku pikirkan tentang itu dan dia tidak mengatakan apa-apa dan pergi ke toilet,” ujar Chiu.

Ternyata tidak hanya Chiu yang mendengar percakapan pria dengan remaja perempuan tersebut, wanita lain yang duduk tepat dibelakang gadis itu pun mengatakan, bahwa dia harus berpindah duduk. Karena hal tersebut, Chiu kemudian memberitahukan kepada awak kabin terkait situasi yang terjadi dan ketika pria itu kembali ke kursinya, awak kabin memintanya untuk pindah.

“Faktanya dia menolak untuk pindah, lalu mulai bersumpah pada saya dan meminta untuk berbicara dengan bos. Kemudian awak kabin berkata, ‘Saya bos, ini sangat serius dan kami bisa mendaratkan pesawat karena hal ini,'” tulisnya di Twitter.

Pria itu akhirnya berganti tempat duduk dan sementara Chiu mengatakan situasinya ditangani dengan baik, dia khawatir bahwa hanya penumpang wanita yang tampaknya memperhatikan pertukaran yang tidak pantas.

“Mungkin sesama wanita lebih cenderung menangkap tanda-tanda peringatan sejak awal dalam percakapan karena kita dulu adalah gadis remaja juga,” katanya.

Baca juga: [18+] Hampir Separuh Pramugari di Jerman Pernah Alami Pelecehan Seksual!

“Semua orang dewasa harus waspada dan tahu ada hal-hal yang bisa kita lakukan untuk campur tangan bahkan ketika kejahatan belum secara teknis dilakukan,” katanya.