JR East Beri ‘Poin Rewards’ Bagi Penumpang yang Naik Sebelum dan Sesudah Jam Sibuk

0
Stasiun Shinjuku, Tokyo (japantimes.co.jp)

Membagi alias memecah kepadatan penumpang, selalu menjadi tantangan bagi operator kereta komuter di kota-kota besar. Ditambah pada musim pandemi, keharusan menjaga jarak harus dikedepankan, meski dalam prakteknya sulit dilakukan pada jam sibuk. Dengan mulai masuknya karyawan ke kantor, tantangan membangi kepadatan penumpang bukan soal yang mudah.

Baca juga: Jumlah Penumpang Turun, JR East Kirim Produk Hasil Laut dari Miyagi ke Tokyo dengan Kereta Shinkansen

Karena hal di atas, operator kereta api East Japan Railway Company atau JR East, akan menjalankan poin hadiah (point rewards) selama satu tahun. Poin ini akan mulai diberlakukan sejak musim semi mendatang untuk mempromosikan perjalanan yang saat ini tengah menurun.

JR East akan memberikan poin kepada penumpang yang menggunakan tiket komuter yang tersimpan di kartu uang elektronik Suica. Nantinya poin itu bisa didapatkan penumpang yang menggunakan kereta komuter di luar jam sibuk pada pagi hari kerja.

Dilansir KabarPenumpang.com dari laman japantimes.co.jp (12/11/2020), poin bisa didapatkan penumpang dari semua jalur kereta JR East di wilayah metropolitan Tokyo kecuali Shinkansen. Sebelum bisa mendapatkan poin ini, para penumpang harus mendaftarkan kartu uang elektronik Suica mereka dengan layanan JRE Point.

Nantinya poin-poin yang didapat akan dikreditkan saat pengguna melewati gerbang tiket untuk naik kereta sebelum dan setelah jam sibuk pagi hari. Poin ini bisa digunakan untuk membayar perjalanan kereta serta pembelian di toko ritel dalam gedung stasiun serta toko online JR East. Waktu spesifik hari ketika program akan diterapkan akan berbeda dari baris ke baris.

“Kami ingin mencegah jumlah penumpang selama jam sibuk meningkat tajam setelah orang kembali,” kata Presiden JR East Yuji Fukasawa.

Mengenai rencana perusahaan setelah program satu tahun berakhir, Fukasawa mengatakan bahwa JR East ingin mengambil keputusan berdasarkan seberapa banyak program tersebut digunakan. Perusahaan juga akan meluncurkan program yang bermanfaat bagi masyarakat yang tidak menggunakan tiket komuter.

Baca juga: Tingkatkan Keamanan Penumpang Kereta, JR East Akselerasi Instalasi Kamera Pengawas

Mulai Maret mendatang, pemegang kartu Suica tanpa tiket komuter yang melakukan perjalanan dengan tarif yang sama sebanyak sepuluh kali dalam sebulan akan menerima poin yang setara dengan tarif perjalanan tunggal untuk bagian yang sama. Program noncommuter pass akan tersedia untuk semua jalur JR East yang menerima kartu Suica tidak termasuk shinkansen.

Leave a Reply