JR East Undang Media untuk ‘Test Run’ Kereta Otonom di Jalur Joban

0
JR East uji coba kereta otonom di jalur (nippon.com)

Ada yang menarik pada Senin, 8 Maret lalu, yaitu East Japan Railway Company atau JR East, untuk pertama kalinya mengundang media untuk menjajal test run sistem kereta otonom yang baru saja dilengkapi dengan sistem operasi kereta otomatis atau Automatic Train Operation (ATO).

Baca juga: Jalur Kereta Tadami di Jepang, disebut “Kereta Api Paling Romantis di Dunia” oleh Warga Taiwan

Kereta ini diluncurkan untuk uji coba di Jalur Joban. Pada peluncuran uji cobanya, JR East menunjukkannya pada awak media tentang cara kerja kereta dengan sistem operasi otomatis ini.

Dilansir KabarPenumpang.com dari laman nippon.com (9/3/2021), JR East mengatakan, kereta dengan sistem ATO akan secara otomatis mempercepat dan melambat serta berhenti dan meninggalkan peron stasiun dengan hanya menekan sebuah tombol. Setelah peluncuran uji coba kereta dengan sistem operasi otomatis ini, JR East mengatakan, akan mulai mengoperasikannya secara perdana dan komersial pada Sabtu (13/3/2021).

Nantinya pada layanan pertamanya, kereta sistem ATO tersebut akan melayani layanan lokal antara Stasiun Ayase di daerah Adachi Tokyo dengan Stasiun Toride di prefektur Ibaraki. Bisa dikatakan ini akan menjadi pertama kalinya perusahaan menetapkan sistem ATO ke dalam penggunaan praktis.

Pada uji coba tersebut, kereta yang menarik sepuluh gerbong tersebut memiliki seri E233 yang melakukan perjalanan antara Stasiun Matsudo dan Stasiun Abiko yang keduanya beradai di prefektur Chiba dekat dengan Tokyo. Meski dalam uji coba, kereta ini berhenti di semua stasiun.

Baca juga: Cina Punya Rel Kereta Menembus Apartemen, Jepang Ternyata Punya Jalan Tol Menembus Gedung

Masinis kereta tersebut hanya meletakkan tangan mereka di pegangan rem jika operasional manual diperlukan seperti jika dalam kondisi darurat potensial. Sehingga bila angin kencang atau alasan lain. Pada perjalanan perdananya pada Sabtu, masinis dan kondektur akan terus ada di kereta yang dilengkapi sistem ATO di jalur Joban.

LEAVE A REPLY