KA Kaligung – Dulu Gunakan Rangkaian KRD, Kini Gunakan Kelas Ekonomi New Image

0

Kereta Api Kaligung yang mulai beroperasi pada 1999 lalu, pada awal pengoperasiannya menggunakan armada KRD MCW dengan pembagian kelas ekonomi dan bisnis. KA Kaligung sendiri bisa dikatakan kereta api lokal komersial yang dioperasikan PT kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daop) 4 Semarang.

Baca juga: Mulai 1 Desember, KA Kalijaga Berhenti Beroperasi Setelah Penetapan Gapeka 2019

Diawal beroperasi, KA Kaligung memiliki relasi Tegal – Semarang Poncol dan Semarang Poncol – Brebes (PP). Namun setelah grafik perjalanan kereta (Gapeka) 2019 mulai diberlakukan, relasi KA Kaligung diperpanjang dari Stasiun Cirebon Prujakan ke Stasiun Semarang Poncol.

KabarPenumpang.com merangkum dari berbagai laman sumber, nama KA Kaligung diambil dari nama sebuah sungai di Tegal yakni Kali Gung. KA yang satu ini ternyata membeli rangkaian keretanya tidak dengan bantuan Kementerian Pergubungan.

Kemudian pada 1 Desember 2010, KA Kaligung Mas muncul sebagai kereta unggulan dari KRD Kaligung bisnis dan ekonomi. Rangkaiannya saat itu menggunakan bekas KA Cirebon Ekspres dari Tegal ke Jakarta.

Saat itu Kaligung Mas berangkat dari Stasiun Tegal dan berhenti di Stasiun Pemalang, Pekalongan, Semarang Poncol dan berakhir di Semarang Tawang. Dulu rangkaian KA Kaligung ekonomi menggunakan C-KRDE dan kemudian diganti dengan ekonomi AC.

Kemudian kereta C-KRDE bekas KA KAligung dikirim ke Dipo Lokomotif Solo Balapan untuk bantuan rangkaian KA Prambanan Ekspres I dan II. Kemudian pada 1 Februari 2012, Daop 4 Semarang menambah perjalanan KA Kaligung sekaligus layanan ini melebur KA Kaligung Mas dan KA Kaligung menjadi satu.

Pada 12 Januari 2016 KA Kaligung memiliki rangkaian khusus bertemakan Borobudur yang memiliki ciri khas tersendiri yakni interior bernuansa kayu dan setiap kereta memiliki TV serta kereta makan yang bertemakan Borbudur. Mulai 7 Februari 2017, KA Kaligung Borobudur digantikan dengan rangkaian ekonomi plus new image 2016 dan tarifnya pun flat alias sama seperti sebelumnya.

Setelah Gapeka 2019, KA Kaligung yang menggunakan kereta dengan kelas Ekonomi New Image memiliki fasilitas setara kelas eksekutif. Tarif tiket KA Kaligung mulai dari Rp40 ribu hingga Rp70 ribu. Sedangkan khusus relasi Cirebon – Tegal sebesar Rp20 ribu dengan ketentuan pembelian tiket dua jam sebelum keberangkatan dan jika kursi tersedia.

Baca juga: KA Argo Parahyangan Excellence Beri Snack Gratis dan Bagasi Sepeda

Berikut jadwal KA Kaligung relasi Semarang – Cirebon yakni berangkat dari Semarang Pocol pukul 05.00 WIB, Waleri pukul 05.26 WIB, Pekalongan 06.25 WIB dan Pemalang pukul 06.45. Sedangkan relasi Cirebon – Semarang Poncol yakni, Cirebon Prujakan pukul 09.10 WIB, Babakan 09.31 WIB, Losari 09.43 WIB, Tanjung 09.52 WIB dan Brebes 10.10 WIB.

Leave a Reply