Kapal Pesiar Asuka II Terbakar Saat Bersandar di Pelabuhan Yokohama

0
Asuka II terbakar di Pelabuhan Yokohama (kyodonews.net)

Kapal pesair Asuka II yang tengah merapat di Pelabuhan Yokohama dekat Tokyo terbakar dibagian atasnya. Insiden ini terjadi pada Selasa (16/6/2020) kemarin dan langsung dilakukan pemadaman untuk mencegah api meluas.

Baca juga: Bill Gates Ramai Disebut Telah Beli Kapal Pesiar Mewah Seharga Rp8,8 Triliun, Ini Faktanya!

Dilansir KabarPenumpang.com dari laman kyodonews.net (16/6/2020), markas penjaga pantai regional ke-3 yang berbasis di Yokohama mengatakan menerima laporan melalui radio dari seorang anggota kru sekitar pukul 01.00 malam waktu setempat. Kemudian awak kapal berusaha memadamkan api tersebut bersama penjaga pantai.

Namun penyebab kebakaran tersebut tidak diketahui dengan segera dan penjaga pantai melaporkan tidak ada yang terluka kerena penumpang tidak ada di dalam kapal. Api tersebut akhirnya berhasil padam setelah tiga jam dilakukan pemadaman yakni sekitar pukul 04.15 malam waktu setempat.

Penjaga pantai mengatakan, api mulai terlihat di area penyimpanan di dek atas Asuka II. Operator perusahaan induk kapal pesiar Nippon Yusen K.K mengatakan, sebanyak 153 awak berada di kapal untuk tugas penting dan membantu memadamkan api.

Kapal pesiar Asuka II telah merapat di Pelabuhan Yokohama sejak awal April setelah kembali dari Singapura tempat kapal pesiar ini menjalani perawatan. Untuk diketahui, kapal pesiar Asuka II awalnya dibangun oleh galangan kapal Mitsubishi Heavy Industries di Nagasaki, Jepang, sebagai Crystal Harmony untuk Crystal Cruises.

Pada tahun 2006, Crystal Harmony dipindahkan dari armada Crystal Cruises ke perusahaan induk Crystal, Nippon Yusen Kaisha, dan memasuki layanan dengan nama saat ini yaitu Asuka II. Kemudian Asuka II pada Februari 2009 menjadi kapal pesiar terbesar di Jepang.

Kapal pesiar Crystal Harmony melakukan pelayaran perdananya di perairan Amerika Selatan dan Karibia dan sempat terbakar karena kebocoran bahan bakar di ruang mesin bantu sekitar 320 km dari Christobal. Kemudian melayang tanpa daya selama 16 jam dan setelah perbaikan berhasil berhasil mencapai pelabuhan dengan uapnya sendiri dan menurunkan penumpangnya di Panama.

Baca juga: Jadi Heboh Setelah Serangan Virus Corona, Inilah Sosok Kapal Pesiar “World Dream”

Crystal Harmony berlayar ke pulau Curaçao, dikawal oleh sebuah kapal tunda, untuk diperbaiki. Setelah 15 tahun pelayanan, Crystal Harmony pensiun dari armada Crystal pada tahun 2005. Kapal ini dipindahkan ke perusahaan induk Nippon Yusen Kaisha untuk menggantikan Asuka dan kemudian menjalani renovasi dan memasuki kembali layanan sebagai Asuka II.

Asuka II, yang telah beroperasi sejak Februari 2006, memiliki panjang 241 meter dan berat sekitar 50 ribu ton. Ini memiliki kapasitas penumpang 872 dan 150 awak.

Leave a Reply