Kebut Olimpiade Musim Dingin, Cina Produksi Massal Kereta Cepat Akhir Tahun ini

0
Fuxing, Kereta Peluru Cina. Sumber: nydailynews.com

Bukan Cina namanya apabila tidak mengekor segala sesuatu yang tengah digandrungi oleh banyak pihak – sebut saja yang belakangan ini tengah ramai diperbincangkan adalah tentang produksi massal dari kereta yang mempu menembus kecepatan 400 km per jam di akhir tahun 2019 ini.

Baca Juga: 10 Fakta Seputar Kereta Cepat di Cina

Sebuah komite di Cina telah menyetujui desain untuk kereta berkecepatan tinggi yang bakal beroperasi pada kecepatan 400 km per jam, yang akan beroperasi sebelum 2022 untuk melayani Olimpiade Musim Dingin Beijing.

“Rute Beijing dengan Zhangjiakou, Provinsi Hebei Cina Utara, akan dioperasikan dengan menggunakan kereta pintar tersebut,” ujar salah seorang pejabat Cina, dikutip KabarPenumpang.com dari laman globaltimes.cn (6/8).

“Hadirnya kereta berkecepatan tinggi ini kelak akan menandakan tonggak sejarah baru, dimana kereta ini akan menjadi yang pertama yang bisa beroperasi di atas kecepatan 350km/jam,” ungkap Bayin Zhaolu, seorang pejabat senior di Provinsi Jilin, Cina Timur Laut.

Sebagaimana yang sudah menjadi rahasia umum, Cina selalu menggunakan produksian dalam negeri mereka untuk memberikan layanan kepada masyarakatnya. Tidak jauh berbeda dengan kasus kereta cepat ini, mereka juga menggunakan karya dalam negeri dari produsen kereta yang berbasis di Jilin. Dan untuk pertama kalinya, produsen kereta ini akan mengaplikasikan BeiDou Satellite Navigation System yang dipercaya akan memberikan impresi yang mengesankan – embel-embel ‘pintar’ yang tersemat dibalik nama kereta tersebut.

Tidak hanya produsen kereta cepat yang masih belum memiliki nama ini saja, pun dengan perusahaan-perusahaan di Jilin lainnya. Mereka juga tengah berusaha untuk mengembangkan kereta bawah tanah generasi baru yang menggunakan sistem operasi otonom.

“Kereta bawah tanah, yang terbuat dari serat karbon, dapat memeriksa, mengirim, mengemudi, menghentikan, membalikkan dan mencuci sendiri,” tutur Bayin.

“Nantinya, jendela di kereta cepat ini akan menggunakan teknologi touch screen, dimana penumpang bisa menonton televisi atau mengirim pesan melalui jendela ini,” tandasnya.

Baca Juga: Cina Canangkan Kereta Cepat Maglev dengan Kecepatan 800 Kilometer Per Jam!

Sebelumnya, pihak Cina juga telah terlebih dahulu menerbitkan ide untuk pembangunan kereta maglev yang akan menghubungkan Chengdu dan Chongqing. Ini akan menjadi kereta maglev kedua yang beroperasi di Negeri Tirai Bambu setelah yang pertama beroperasi antara Bandara Internasional Pudong Shanghai dan Stasiun Longyang Road.

 

 

Leave a Reply